Jokowi Umumkan 6 Menteri Baru, Ini Nama-namanya

josstoday.com

Presiden Joko Widodo

JOSSTODAY.COM - Presiden Jokowi akhirnya mengumumkan reshuffle kabinet di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/12/2020). Ada enam menteri baru yang masuk dalam kabinet.

“Pada hari ini, saya bersama-sama dengan Bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri baru yang akan duduk di Kabinet Indonesia Maju,” kata Presiden Jokowi saat memperkenalkan keenam menteri baru di Beranda Belakang Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (22/12/2020).

Menteri pertama yang diperkenalkan adalah Tri Rismaharini yang menjabat wali kota Surabaya, Jawa Timur.

“Ibu Tri Rismaharini kita akan berikan tanggung jawab untuk menjadi menteri sosial,” kata Presiden Jokowi.

Menteri kedua adalah Sandiaga Salahuddin Uno. “Saya ingin mengenalkan, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno. Beliau adalah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta dan ketua umum Hipmi. Beliau akan kita memberikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” katanya.

Menteri ketiga yang diperkenalkan adalah Budi Gunadi Sadikin. “Beliau sebelumnya adalah Direktur Utama Bank Mandiri, kemudian menjadi Direktur Utama Asahan Aluminium, dan Wakil Menteri BUMN. Sekarang kami beri tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Kesehatan,” jelas Presiden Jokowi.

Selanjutnya, Presiden Jokowi memperkenalkan Yaqut Cholil Qoumas.

“Beliau adalah tokoh muslim, Ketua GP Ansor, dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai menteri agama,” katanya.

Menteri kelima yang diperkenalkan adalah Sakti Wahyu Trenggono. “Beliau sekarang memegang jabatan sebagai wakil menteri pertahanan. Kita akan beri tanggung jawab sebagai menteri Kelautan dan Perikanan,” kata Presiden Jokowi.

Menteri keenam yang diperkenalkan adalah Muhammad Lutfi.

“Bapak Muhammad Lutfi pernah menjabat sebagai kepala BKPM, Menteri Perdagangan, Dubes RI untuk Jepang, dan terakhir sebagai Dubes RI di Amerika Serikat. Sekarang akan diberikan tugas sebagai Mendag,” kata Presiden Jokowi.

6 Menteri baru

Menteri Kelautan dan Perikanan: Sakti Wahyu Trenggono
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Sandiaga Uno
Menteri Sosial: Tri Rismaharini
Menteri Agama: Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Kesehatan: Budi Gunadi Sadikin
Menteri Perdagangan: M Lutfi

Resuflle perombakan kabinet presiden jokowi