BMKG: 21 Provinsi Berpotensi Cuaca Ekstrem

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstremdengan curah hujan sedang hingga lebat yang diperkirakan terjadi di 21 provinsi di Tanah Air pada Rabu (23/6/2021).

"Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau badai petir serta angin kencang dan badai guntur di berbagai wilayah Indonesia," demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.

Peringatan dini dari BMKG ditujukan kepada Provinsi Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, NTB, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sumatera Selatan.

Suhu udara hari ini berkisar 20 derajat celsius hingga 33 derajat celsius dengan kelembapan udara 55% sampai 100%.

Pola angin di wilayah utara Indonesia umumnya dominan bergerak dari tenggara hingga barat daya dengan kecepatan berkisar 3-23 knot. Di wilayah selatan Indonesia, angin dominan bergerak dari timur hingga tenggara dengan kecepatan 3-23 knot.

Waspadai juga tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter yang berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, Selat Sunda bagian selatan, Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, dan Laut Arafuru. (ba/b1)

BMKG Cuaca Ekstream