Rio Haryanto Absen di F1 2017

josstoday.com

Rio Haryanto dan ibunya, Indah Pennywati.

JOSSTODAY.COM - Rio Haryanto dipastikan absen dalam ajang balap Formula 1 (F1) musim 2017. Faktor dana menjadi pengganjal pebalap asal Solo, Jawa Tengah tersebut. Hingga kini, tak ada satu sponsor pun yang memberikan dukungan kepada Rio. "Rio tak akan turun di F1 musim 2017, sebab tak ada sponsor yang mendukung," ungkap Indah Pennywati, ibu Rio Haryanto, Selasa (3/1/2017).

Sebenarnya, sejumlah tim berminat merekrut Rio. Salah satunya adalah Sauber. Tapi, Sauber meminta adanya jaminan sponsor. Indah sempat berkomunikasi dengan Pertamina terkait ketertarikan Sauber.

"Saat saya tanya ke Pertamina, jawabannya nanti-nanti. Saat ini batas waktu untuk tim Sauber juga sudah habis. Untuk sponsor yang lain, juga belum ada yang tertarik," beber Indah.

Sebelumnya diberitakan, Rio Haryanto mulai mempertimbangkan untuk meninggalkan Formula 1 (F1) dan masuk ke dunia bisnis. Ini setelah pebalap asal Solo itu tak kunjung mendapatkan kepastian dari Manor Racing Team yang pernah dibelanya.

Sebenarnya, masih ada 4 kursi kosong di tim F1. Satu tempat di Mercedes AMG Petronas Motosport, satu slot di Sauber, dan dua kursi di Manor Racing MRT. "Sampai saat ini kami masih terus mencari dan menghubungi pihak tim. Tapi sampai sekarang belum ada kabar yang menjanjikan. Kalau sampai musim depan tidak balapan, mungkin Rio mulai bekerja atau bantu usaha di Solo," ungkap ibu Rio, Indah Pennywati seperti dikutip CNNIndonesia, Rabu (21/12/2016).

Rio sendiri merupakan lulusan bisnis dari salah satu universitas di Singapura. Itu yang menjadi alasan bagi Indah agar anaknya mulai menekuni dunia pekerjaan, jika harus vakum sejenak dari arena balapan. "Rio masih ingin sekali balapan. Tapi kalau memang tidak ada sponsor, ya sudah apa boleh buat," keluh Indah.

Sementara itu, Kepala Komunikasi Publik Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S. Dewa Broto menyatakan, belum ada pembahasan secara khusus mengenai nasib Rio pada tahun depan. "Karena kami tahu diri, belum bisa bantu secara finansial. Tapi tentu saja Kemenpora berharap Rio tetap berkiprah di musim 2017 dengan operator dan dana yang lebih baik," harap Gatot.

Sekadar informasi, Manor hanya memberikan kesempatan kepada Rio untuk balapan selama setengah musim setelah gagak melunasi sisa uang kontrak yang mencapai 7 juta euro. Pihak Manor lantas mengganti pebalap Indonesia itu dengan Esteban Ocon.(far)

Rio Haryanto Formula 1 (F1) Manor Racing Team