RI-Australia Tangguhkan Kerja Sama Militer

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Pemerintah Indonesia menangguhkan kerja sama militer dengan Australia, karena materi pelatihan yang dianggap menyinggung. Penangguhan kerja sama latiahn militer, program pendidikan dan pertukaran sudah dilakukan sejak bulan lalu. "Kerja sama militer dengan pasukan Australia telah ditangguhkan sementara waktu karena masalah teknis," tegas juru bicara militer Indonesia, Wuryanto, Rabu (4/1/2017).

Penangguhan dilakukan setelah seorang instruktur dari pasukan khusus Indonesia menemukan materi pelatihan yang dianggap tidak menghormati negara dan pasukan bersenjatanya di sebuah akademi Australia selama program pertukaran.

Wuryanto tidak membenarkan hal itu. Dia hanya mengatakan bahwa penangguhan tersebut akibat beberapa masalah. Indonesia dan Australia merupakan sekutu, tetapi hubungan keduanya kerap mengalami pasang surut.

Hubungan kedua negara tergelincir ke tingkat terendah dalam beberapa tahun, selama pemerintahan mantan Perdana Menteri Australia Tony Abbott karena sengketa terkait eksekusi yang dilakukan Indonesia terhadap penyelundup narkoba asal Australia. Serta kebijakan keras Canberra dalam pemulangan kembali kapal imigran ke Indonesia.(far)

Kerja Sama Militer Indonesia Australia