Legislator India Perkosa Gadis Kecil

josstoday.com

Ilustrasi.

JOSSTODAY.COM - Julius Dorphang, anggota legislatif dari negara bagian Meghalaya Timur laut ditangkap kepolisian India atas tuduhan memerkosa seoarang gadis berusia 14 tahun yang menjadi korban perdagangan manusia. Mantan komandan militan itu ditangkap di Kota Guwahati pada Jumat (6/1/2017) malam setelah menghindari kejaran polisi selama beberapa hari.

"Dia ditangkap semalam dan didakwa memerkosa gadis kecil dan melakukan tindak perdagangan manusia," ungkap Vivek Syiem, seorang petugas polisi di ibu kota Meghalaya, Shillong kepada AFP.

Korban menuduh politikus berusia 51 tahun itu melakukan pelecehan seksual sebanyak dua kali pada Desember lalu. Sang gadis dijual kepada Dorphag oleh pelaku perdagangan manusia. Gadis itu mengatakan kepada polisi bahwa dirinya ditempatkan di sebuah wisma dan menuduh tujuh orang lainnya, termasuk pegawai di wisma itu, melakukan tindak perdagangan manusia dan menjualnya kepada anggota legislatif itu. "Wisma tersebut dimiliki oleh anak seorang pejabat negara bagian," ujar Syiem.

Dorphan mendirikan sebuah kelompok militan di Meghalaya pada 2000 dalam upaya menuntut hak yang lebih besar bagi dua komunitas suku, sebelum menyerah pada 2007 dan mulai memasuki dunia politik.(far)

Anggota Parlemen India Legislator India Pemerkosaan