Pemerkosaan Disiarkan di Facebook

josstoday.com

Ilustrasi.

JOSSTODAY.COM - 3 Pemuda memperkosa seorang perempuan di wilayah Uppsala, yang berjarak satu jam perjalanan dari ibu kota Stockholm, Swedia. Mereka menyiarkan aksinya secara langsung melaui jejaring sosial pada Minggu (22/1/2017) lalu. "Pemerkosaan disiarkan langsung dalam sebuah kelompok Facebook," demikian keterangan kepolisian setempat seperti dilansir Reuters, Selasa (24/1/2017).

Kelompok Facebook itu memiliki 60.000 anggota. Josefine Lundgren (21), salah satu anggota kelompok Facebook itu menjadi yang pertama melapor kepada otoritas setempat. Dia menyebut pelaku yang berusia 24 tahun sebagai otaknya.

Pelaku yang diketahui pernah terjerat pidana sebelumnya itu melepas pakaian korban dengan paksa sebelum memperkosanya. "Pelaku tampaknya merekam semuanya dan mengambil foto yang dipostingnya di Snapchat (situs layanan pesan via internet)," sebut Lundgren kepada surat kabar lokal Expressen.

Menindaklanjuti laporan yang masuk, kepolisian setempat lantas menggerebek sebuah apartemen dan menahan tiga pria yang dicurigai sebagai pelaku pemerkosaan. Mereka diketahui berusia 18 tahun, 20 tahun dan 24 tahun. Polisi juga menemukan seorang perempuan berusia yang diyakini sebagai korban di dalam apartemen itu.

Sementara itu, media lokal melaporkan bahwa video pemerkosaan itu telah dihapus dari Facebook dan internet. Polisi setempat menyerukan kepada siapa saja yang memiliki salinan video untuk menyerahkannya demi kepentingan penyelidikan.

"Kami memiliki sejumlah materi foto dan video. Tapi kami tidak memiliki foto yang menunjukkan penyerangan (seksual) itu sendiri," ujar Ketua Jaksa Wilayah Uppsala, Magnus Berggren dalam konferensi pers.(far)

Pemerkosaan Facebook Uppsala Stockholm Swedia