400 Brimob Polda Jatim Dikirim ke DKI

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Polda Jawa Timur memberangkatkan 400 personel Brigade Mobil (Brimob) ke Jakarta, untuk membantu pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Pengiriman personel dalam rangka Bawah Kendali Operasi (BKO) juga akan dilakukan ke Sulawesi Tenggara.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, sebenarnya di wilayahnya juga ada gelaran pilkada. Yakni, Pilkada Batu. "Insya Allah aman di sini, dan kekuatan kita banyak yang membutuhkan. Oleh karena itu kita kirimkan," kata Machfud usai upacara pelepasan 400 Brimob di Lapangan Mapolda Jawa Timur, Surabaya, Rabu (8/2/2017).

Khusus pergeseran ke Sultra, masih menunggu Mabes Polri yang mengatur pergerakan personel Brimob. "Saya berpesan kepada personel agar menjaga nama baik Polda Jawa Timur dengan berbuat baik dan jangan ngerecokin daerah," pesannya.

Kasat Brimob Polda Jawa Timur Kombes Pol Rudy Kristantyo menambahkan, personel terlebih dahulu diberi pembekalan atau latihan sebelum diberangkatkan. Semua perlengkapan, baik perlengakapan perorangan maupun perlengkapan pendukung dari tim, juga sudah dicek. "Perlengkapan ini sangat penting untuk mendukung dan melindungi anggota serta masyarakat dalam melaksanakan tugas," paparnya.

Pihak Brimob Polda Jawa Timur sudah membuat latihan untuk mengantisipasi tindakan anarkis dari masyarakat atau kelompok lainnya. "Intinya, dalam pengamanan itu kita tak diperkenankan menggunakan senjata api. Kecuali ada pelaku yang menggunakan senpi ya kita lumpuhkan," tandasnya.

Perlengkapan tidak harus digunakan karena Brimob menggunakan pendekatan-pendekatan yang persuasif dan komunikatif. "Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan humanis. Mereka sudah tahu, sudah berpendidikan. Jadi cukup kita komunikasikan kepada masyarakat," pungkas Rudy.(far)

Brimob Polda Jatim Pilkada DKI Jakarta 2017 Pengamanan Pilkada Serentak 2017