Google Rilis YouTube Go untuk Negara "Miskin" Internet

josstoday.com

Tampilan aplikasi YouTube Go.

JOSSTODAY.COM - Tak dipungkiri lagi, YouTube merupakan salah satu aplikasi yang sering diakses oleh pengguna gadget. Berbagai video yang terdapat di dalamnya menjadi daya tarik utamanya. Tentu saja untuk menonton video tersebut, dibutuhkan kecepatan internet yang mumpuni.

Masalahnya adalah kecepatan internet yang mumpuni ini belum menjangkau seluruh negara. Google sebagai pemilik YouTube pun memberikan solusi melalui aplikasi YouTube Go.

Secara fungsi, aplikasi YouTube Go sama seperti aplikasi YouTube yang sudah tersedia secara default di tiap smartphone Android. Namun bedanya ketika Anda memilih sebuah video untuk ditonton, YouTube Go menyarankan untuk mengunduhnya. Tentunya Anda masih tetap dapat menonton video seperti biasanya.

Resolusi video yang tersedia pun hanya dua, yakni "basic quality" (resolusi 144p) dan "standard quality" (resolusi 360p). Tidak ada resolusi High Definition (HD), karena YouTube Go didesain secara khusus untuk diakses menggunakan kecepatan internet yang rendah, plus smartphone atau tablet Android dengan kapasitas penyimpanan kecil.

Walau sudah dirilis resmi, YouTube Go belum tersedia di semua negara yang menjadi target rilis (belum diketahui juga negara apa saja). Namun ketika penulis mengeceknya di PlayStore, aplikasi ini sudah tersedia. Tertarik untuk mencoba? (lif)

YouTube YouTubeGo Aplikasi Android Google