3 Hal Yang Bikin Hidup Bahagia

josstoday.com

Ilustrasi.

JOSSTODAY.COM - Banyak yang beranggapan bahwa uang adalah sumber kebahagiaan. Padahal, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena berdasarkan penelitian, uang tidak selalu membuat seseorang senantiasa merasa bahagia secara permanen. Masih ada hal-hal yang tidak bersifat materi, justru bisa mendatangkan kebahagian lebih lama kepada seseorang.

Berikut hal-hal yang bisa membuat hidup lebih bahagia, seperti dilansir elite daily:

1. Latihan bersyukur
Latihan bersyukur sama dengan latihan bermain alat musik. Anda harus melakukannya setiap hari dan jangan putus asa jika gagal. Menurut Alex Korb, penulis The Upward Spiral: Using Neurscience to Reverse the Course of Depression, One Small Changet at a Time, memikirkan segala rezeki dan keberhasilan selama satu hari bisa meningkatkan level dopamin (hormon antidepresan) pada otak. Peningkatan dopamin memperlancar aktivasi rasa bahagia pada diri seseorang, sehingga memengaruhi kondisi tubuh dan pikiran menjadi lebih segar dan ringan.  

2. Tidur cukup
Peneliti dari Princeton, Daniel Kahneman dan Alan B. Krueger menemukan pada studi mereka bahwa kualitas tidur yang baik memberikan dampak signifikan tak hanya pada kepuasan hidup, tetapi juga pada kondisi emosional sehari-hari.

3. Mengingat pencapaian
Otak manusia lebih mudah mengingat kesalahan orang atau kegagalan pada hidup sendiri. Untuk itu, Anda harus mulai melatih diri untuk mengingat dan mensyukur semua pencapaian dalam hidup.

Pencapaian tidak harus berbentuk promosi jabatan dan peningkatan gaji. Menolong orang, berhasil bangun lebih pagi, dan sukses menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, juga merupakan pencapaian. Menurut Korb, mengingat pencapaian atau hal-hal lain yang membuat Anda bahagia memicu tubuh merilis serotonin (hormon bahagia) ke area otak.(far)

Bahagia Bersyukur Tidur Pencapaian Uang