Penggunaan Layar AMOLED untuk Smartphone Semakin Mengejar LCD

josstoday.com

Panel layar AMOLED menawarkan keuntungan lebih banyak dibanding LCD.

JOSSTODAY.COM - Saat ini panel layar AMOLED semakin populer, dan penggunaannya tidak terbatas pada smartphone kelas flagship saja. Dan berdasarkan laporan dari DigiTimes, jumlah smartphone yang menggunakan layar AMOLED akan sama seperti layar LCD dalam 3 tahun mendatang.

Saat ini penggunaan panel AMOLED masih di angka 27,6% untuk pasar smartphone, dengan sisanya adalah panel LCD. Mayoritas smartphone yang menggunakan panel AMOLED diproduksi oleh Samsung. Sedangkan LG, Sony dan Apple masih menggunakan panel LCD.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, produsen yang menggunakan panel AMOLED semakin berkembang, seperti Huawei, Xiaomi, Meizu dan Gionee.

Alasan utama mengapa LCD masih banyak digunakan adalah harganya yang lebih murah dibanding AMOLED. Tetapi secara teknologi, AMOLED memiliki tingkat kontras lebih tinggi dan sudut pandang layarnya lebih lebar. Semakin ke depan, AMOLED memiliki keuntungan besar, yakni bentuknya yang melengkung di sisinya dan juga fleksibel (tipe OLED).

Hingga saat ini teknologi panel LCD dengan sisi yang melengkung belum tersedia untuk smartphone, namun AMOLED telah melakukannya seperti pada smartphone flagship Samsung. Bahkan Apple pun dirumorkan siap merilis smartphone dengan layar melengkung berpanel AMOLED di tahun ini.

Seiring berjalannya waktu, harga dari panel AMOLED pun bersaing dengan LCD. Bahkan di tahun 2016 lalu, harga panel AMOLED lebih murah dibanding LCD untuk pertama kalinya. Secara perlahan tapi pasti dan semakin murahnya harga panel AMOLED, pasti mulai banyak smartphone yang mengadopsinya, dan tidak hanya terbatas di segmen flagship saja. (lif)

 

smartphone layar amoled lcd teknologi