Huawei: RAM 6GB Itu Percuma!

josstoday.com

Foto dari Huawei P10 Plus.

JOSSTODAY.COM - Dibandingkan dengan produsen smartphone besar lainnya seperti Samsung dan LG, Huawei tak tertarik dengan perang spesifikasi smartphone terbaru.

Beberapa tahun yang lalu, CEO Huawei Richard Yu mengatakan bahwa resolusi QHD (2560x1440 piksel) untuk layar 6 inci sangatlah berlebihan. Tapi lucunya Huawei seakan menelan ludah sendiri dengan menawarkan sejumlah smartphone beresolusi QHD, bahkan dengan ukuran layar lebih kecil.

Sekarang yang menjadi tren adalah jumlah RAM, dimana beberapa smartphone mulai menawarkan RAM 6GB. Huawei melalui salah satu eksekutifnya yakni Lao Shi mengatakan bahwa RAM 4GB saja sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk performa. Ia memberikan contoh dimana smartphone Huawei seri P yang berjalan lancar dengan RAM 4GB. Ia juga menekankan bahwa kombinasi RAM 4GB dengan memory internal 128GB lebih baik dalam hal performa ketimbang RAM 6GB/64GB.

Lao Shi menjelaskan bahwa secara psikologis, RAM sebesar 6GB atau 8GB memberikan efek berupa kenyamanan dengan berpikir bahwa RAM yang dimiliki sudah sangat besar dan smartphone tak akan lemot. Tapi secara praktek, RAM di atas 4GB hanya menambah biaya saja yang akhirnya berpengaruh pada harga smartphone.

Walaupun begitu, Lao Shi mengatakan bahwa semua kembali ke calon pembeli. Namun lucunya lagi, Huawei juga menawarkan beberapa tipe smartphone dengan RAM 6GB yakni Huawei P10 Plus, Mate 9 Pro dan Honor 8 Pro. (lif)

 

huawei smartphone android RAM