Pakde Karwo: Gus Ipul Minta Dukungan Demokrat

josstoday.com

Ketua DPD Partai Demokrat sekaligus Gubernur Jawa Timur, Soekarwo (kiri), saat bersalaman dengan Cagub Saifullah Yusuf di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (30/5/2017). (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur, Soekarwo, mengaku jika telah mengantarkan calon gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, untuk bertemu dengan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beberapa waktu lalu.

Lelaki yang juga menjabat sebagai Gubernur Jatim ini mengaku jika dalam pertemuan kemarin, Saifullah Yusuf meminta dukungan untuk maju dalam Pilgub 2018. 

"Kemarin, wagub dan kyai sepuh sowan ke pak SBY. Gus Ipul minta dukungan Demokrat," ungkapnya saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (30/5/2017).

Namun, SBY tidak langaung memberikan jawaban atas permintaan tersebu, karena hasil pembahasan yang dilakukan bersama para kyai sepuh yang mendukung Saifullah Yusuf ini masih akan dibahas dalam rapat majelis tinggi PD.

Karena hal itu juga, gubernur yang kerap disapa Pakde Karwo ini juga belum berani mengambil keputusan karena menunggu perintah pusat.

Pertemuan ini, merupakan tindak lanjut dari hasil dari kyai sepuh di Jatim dan PKB yang sepakat mencalonkan Gus Ipul sapaan akrab Saifullah Yusuf  dalam pertemuan antar kyai, 24-25 Mei 2017.

Sementara itu, Gus Ipul mengaku jika kemarin melakukan silaturahmi dan berterima kasih atas dukungan Demokrat dalam dua periode kepemimpinan Pakde Karwo bersamanya.

"Kemarin hanya silaturahmi saja. Selebihnya demokrat punya mekanisme internal," akuinya. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono Soekarwo Gus Ipul