Mitratani Dua Tujuh Inisiasi Sekolah Lapang Budidaya Edamame

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - PT. Mitratani Dua Tujuh mengadakan Sekolah Lapang Budidaya Edamame yang berlokasi di lahan seluas 3 hektar di daerah Dawuhan Macan – Ajung, Jember. Kegiatan ini diikuti oleh 14 peserta didik yang berlatar belakang pendidikan D3 dalam bidang pertanian yang dipilih dari seluruh penjuru Kabupaten Jember untuk membuka kesempatan bagi warga Jember untuk menjadi seorang petani yang berkualitas dan memiliki kompetensi yang mumpuni. 

Peserta tidak hanya di didik secara teori namun peserta juga diberi kesempatan untuk mempraktekkan secara langsung di lapangan. Mulai dari perolehan lahan, desain lokasi, teknis budidaya,  proteksi tanaman, arah saluran, sampai dengan panen dan produksi di pabrik. 

Program ini bukan program hit and run, PT Mitratani Dua Tujuh juga akan terus memantau perkembangan para peserta, tidak hanya untuk menghasilkan edamame yang terbaik dan berkualitas namun juga untuk membentuk calon mitra bagi PT Mitratani Dua Tujuh yang akan membawa edamame Jember mendunia.

Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan tanggung jawab untuk mengelola masing masing lahan, dimulai dari penanaman bibit sampai dengan proses panen nantinya. Pengawasan intensif dilakukan dari pihak PT Mitratani Dua Tujuh untuk memastikan peserta telah menerapkan prosedur dan standart pengelolaan edamame untuk memastikan kualitas dari edamame.

Wasis Pramono, selaku Direktur Keuangan, mengatakan bahwa Sekolah Lapang Budidaya Edamame adalah sebuah program pendidikan yang bertujuan untuk membentuk orang-orang ahli dalam bidang pertanian edamame yang kelak akan dijadikan mitra dari PT. Mitratani Dua Tujuh. "Kemitraan sangat penting sebagai  jalinan kerjasama usaha yang merupakan strategi bisnis yang dilakukan antara dua pihak atau lebih dengan prinsip saling membutuhkan, saling memperbesar dan saling menguntungkan." terang Wasis Pramono disela-sela pelatihan (15/6).

PT Mitratani Dua Tujuh ingin membagikan ilmunya kepada pemuda pemuda Jember yang berjiwa entrepreneur untuk memulai usahanya dibidang pertanian, terutama edamame. Salah satu peserta bernama Amdis, tertarik untuk mengikuti Sekolah Edamame ini karena memberikan peluang kepada calon-calon entrepreneur untuk berkembang. Amdis merasa selama mengikuti Sekolah Edamame ini tidak pernah merasa kesulitan dikarenakan selalu diberikan arahan yang jelas sehingga segala permasalahan dapat diselesaikan dengan mudah.

Kesempatan ini hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para peserta sebagai bekal untuk memulai bisnis budidaya edamame. Diharapkan dengan diselenggarakannya program ini dapat memperluas jaringan PT. Mitratani Dua Tujuh dan memberikan warga Jember peluang untuk menjadi mitra perusahaan. (irf)

PT. Mitratani Sekolah Lapang Budidaya Edamame