Lolos Ke Delapan Besar, Indonesia Tantang Korea Selatan

josstoday.com

Para pemain voli Indonesia merayakan bersama kemenangan atas Qatar dalam kejuaraan The 19th Asian Senior Men’s Volleyball Championship 2017 di GOR Tri Dharma, Gresik, Rabu (26/7/2017). (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM – Tim Nasional (Timnas) bola voli Indonesia berhasil melaju ke babak delapan besar The 19th Asian Senior Men’s Volleyball Championship 2017. Indonesia memastikan satu tiket babak delapan besar setelah mengalahkan Qatar dengan skor 3-2 (24-26, 14-25, 25-20, 25-21, 15-11) di GOR Tri Dharma, Gresik, Rabu (26/7/2017).

 Di babak delapan besar Indonesia akan menantang pemuncak Grup C yakni Korea Selatang yang mengalahkan Jepang dengan skor 3-2 (25-22, 21-25, 25-17, 18-25, 15-9).

Melawan Qatar, Agung Seganti dkk dipaksa tampil acak-acakan ketika bermain di set pertama dan kedua. Beberapa kali middle blocker Qatar, Papemaguette Diagne yang tampil menawan di depan net. Berkali-kali poin yang di dapat Qatar berasal dari pemain yang kerap disapa Pape.

Selain karena faktor Pape, pemain Indonesia juga kerap melakukan kesalahan ketika menerima bola pertama yang membuat setter Indonesia, Aji Maualana, gagal memberi umpan baik kepada rekannya. Indonesia harus menyerah dengan skor 24-26 dan 14-25.

Setelah Indonesia gagal merebut dua set pertama, Pelatih Indonesia, Samsul Jais, merubah pola bermain lebih melebar. Rivan Nur Mulki, Rendy Febriant Tamamilang, dan Agung Seganti secara bergantian sukses mencetak poin.

Bermain dihadapan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, dan ratusan suporter yang memadati GOR membuat Agung Seganti dkk bermain dengan semangat dan fokus yang tinggi. Hal ini membuat Indonesia berhasil mengunci kemenangan dengan merebut tiga set sisa dengan skor 25-20, 25-21, 15-11.

“Karena middle blocker mereka si Pape itu sangat bagus, akhirnya saya rubah strategi. Saya bilang ke Aji, agar bisa memancing Pape buat lari agar capek,” ungkapnya usai pertandingan.

Ia pun mengacungi jempol kepada seluruh pemainnya yang mengalami peningkatan permainan pada malam ini. “Saya sangat berterima kasih kepada semua pemain yang bermain sangat baik malam ini, fokus dan solid,” ujarnya.

Sementara itu, Pelath Qatar, Massimilia Giaccardi, mengatakan jika kekalahan ini karena faktor psikologis pemain yang menurun. “Saya rasa tidak ada yang selah dengan strategi, tapi ini faktor mental,” katanya.

Selain sukses memastikan satu tiket di delapan besar, Indonesia juga dipastikan akan langsung masuk babak utama Kejuaraan Asia 2019 nanti. (ais)

Kejuaraan Asia Bola Voli Timnas Indonesia Qatar