Ngobrol Seru di Kopdar Komunitas Ala Josstoday

josstoday.com

Foto bersama sejumlah 25 komunitas Kopdar Josstoday kantor redaksi yang beralamat di Jl. Raya Ahmad Yani 151-R

JOSSTODAY - Rabu malam (9/8) menjadi momen spesial bagi redaksi josstoday. Bertempat di kantor redaksi yang beralamat di Jl. Raya Ahmad Yani 151-R, sejumlah 25 komunitas berkumpul memenuhi undangan Kopdar Komunitas Josstoday bertajuk Kolaborasi Kemerdekaan untuk saling mengenal dan bersilaturahim antara satu dengan yang lainnya. Komunitas yang datang pada acara kopdar komunitas ini dari berbagai latar belakang, ada komunitas yg bergerak di otomotif, pendidikan, sejarah dan budaya, lingkungan, laut, disabilitas dan lain-lain.

Dimulai dengan sholat isya berjamaah dan makan malam bersama, satu per satu perwakilan komunitas memperkenalkan komunitasnya masing-masing dan program aktivitas rutinan yang biasa dilakukan. Misalnya, seperti komunitas Ketimbang Ngemis Surabaya. Komunitas ini bergerak di bidang apresiasi terhadap orang-orang yang memiliki keterbatasan usia maupun fisik tetapi masih mau bekerja guna memenuhi kebutuhan hidup. "Say no to ngemis", itulah motto yang diusung komunitas ini. Harapannya dapat mengurangi tindakan dan prilaku mengemis serta memberitahukan kepada masyarakat bahwa ada banyak sosok mulia di luar sana yang mau berjuang untuk hidupnya alih-alih mengharapkan belas kasihan dari orang lain.

Komunitas yang hadir bisa dibilang lintas bidang dan lintas generasi, namun satu hal yang sama dan dapat menyatukan semua komunitas yang ikut kopdar komunitas, sama2 ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara komunitasnya masing-masing. Komunitas yang hadir pada hari ini (9/8) mendapat kesempatan spesial untuk mengikuti JOSSnalist Academy yang akan diselenggarakan pada hari jumat (11/8) depan. JOSSnalist Academy adalah sebuah program yang diinisiasi untuk mengapresiasi dan memberikan keterampilan jurnalisme dan kemampuan analitik dalam mengelola aktifitas komunitas masing-masing agar lebih terencana, terukur dan berdampak. JOSSnalist Academy perdana kali ini akan menghadirkan narasumber yang sudah berpengalaman di bidangnya. Diantara narasumber yang dijadwalkan berbagi bersama komunitas antara lain, Yoyong Burhanudin selaku Presiden Profesional Radio Indonesia, Irfan Arif Abdillah selaku Direktur Titian Kreatif Konsultan Media, Eko Saputro selaku Video Journalist Coordinator Josstoday dan Zainal Arifin selaku Ketua Indonesia Blogger Today. Beberapa materi menarik yang akan disampaikan adalah tentang Community Branding, Strategy Content dan Media Relations, Audio Visual News, dan Internet Marketing.

Komunitas yang hadir ini pun juga diberikan informasi tentang Festival Pekik Merdeka 2017 Piala Gus Ipul, dengan tujuan menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI yang sudah memasuki tahun ke-72. Pekik Merdeka adalah sebuah simbol persatuan dan simbol persaudaraan yang merupakan modal utama untuk terus mengisi kemerdekaan dengan penuh optimisme progresif. Diharapkan komunitas-komunitas ini sebagai agen pengisi kemerdekaan, dapat menyuarakan semangat, nilai moral dan kobaran pekik merdeka para komunitas dapat berpengaruh positif terhadap masyarakat luas.

Komunitas yg hadir antara lain Jatim Community, Kampoeng Dolanan, Inspiring Youth Educators, Padipari, Young on Top, Scoci Indonesia, Marine Buddies Surabaya, Earth Hour Surabaya, Good News From Indonesia (GNFI), AASIC, Indonesia Fortuner Community (IFC), DCS, HCI, Gerakan Melukis Harapan (GMH), pwmu, Ketimbang Ngemis Surabaya, Urban Care Community, Kelas Bahasa Surabaya, PERTUNI, Berkah Surabaya, Goci Jatim, The Transporter, DXIC GESSID PSD HOREEE, TBC/HIV dan Gerakan Sensor Mandiri. (mus/irf)

Kopdar Komunitas Kopdar komunitas Josstoday