Tiga Kali Makan Protein untuk Otot Kuat

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Mengonsumsi protein dalam tiga kali makan sehari bisa menguatkan otot terutama pada orang tua, menurut sebuah penelitian.

Studi yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition menyebut kebanyakan lansia hanya mengonsumsi makanan mengandung protein saat makan siang dan malam. Padahal, mengonsumsi protein saat sarapan menjadi anjuran. 

"Kami ingin melihat apakah orang-orang yang menambahkan sumber protein saat sarapan dan asupan proteinnya seimbang melalui tiga kali waktu makan, memiliki kekuatan otot yang lebih besar," kata Stephanie Chevalier, Asisten Profesor di McGill University di Kanada.

Untuk keperluan studi, tim peneliti memeriksa jumlah protein yang pada mereka yang berusia 67 tahun ke atas dan melibatkan sekitar 1.800 orang selama tiga tahun.

Mereka meninjau pola konsumsi protein sebanyak 827 pria sehat dan 914 wanita sehat berusia 67 sampai 84 tahun di Quebec, Kanada. 

Tim peneliti menemukan mereka yang mengonsumsi makanan seimbang di sepanjang hari termasuk asupan protein, memiliki otot yang lebih kuat. Demikian seperti dilansir laman Indian Express. (fa/ra)

Protein konsumsi protein