Persebaya Hajar Persinga 4-0 Di Pertandingan Terakhir

josstoday.com

Pemain Persebaya, Ricky Kayame, berkali-kali harus dilanggar pemain-pemain Persinga di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (14/9/2017). (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Persebaya Surabaya berhasil menutup babak penyisihan Grup 5 Liga 2. Adalah Persinga Ngawi yang menjadi korban keganasan Persebaya dengan skor 4-0 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (14/9/2017).

Sejak menit awal dimulai, para pemain tim berjuluk Bajol Ijo ini langsung tancap gas dengan mengambil inisiatif serangan. Namun, karena pertahanan yang rapat membuat Misbakhus Solikin dkk kesulitan mengancam gawang Persinga.

Setelah 25 menit berjalan, Persebaya akhirnya berhasil membobol gawang Persingan yang dijaga Bagus Prasetyo melalui tendangan M. Sidik Saimima, yang memanfaatkan bola muntah tendangan Ricky Kayame yang tak bisa diantisipasi pemain belakang lawan.

Serangan demi serangan yang dilakukan oleh barisan pernyerang Ricky Kayame, Thaufan Hidayat, dan Irvan Jaya akhirnya kembali berbuah gol melalui kaki Irfan Jaya di menit ke-32. Ricky Kayame kembali menjadi kreator terjadinya gol kedua ini melalui umpan tariknya.

Persinga yang bertekad mencuri poin coba membalas. Tim tamu nyaris saja memperkecil ketertinggalan, jika bola cip yang dilakukan salah satu pemain tidak melambung tipis diatas gawang Persebaya.  

"Kalo itu menjadi gol. Saya yakin keadaan dilapangan pasti berubah," ungkap Pelatih Persinga, M. Fachrudin.

Pertahanan yang mulai merenggang dari Persinga berhasil dimanfaatkan pemain Persebaya. Ricky Kayame lagi-lagi menjadi kreator gol ketiga. Ricky yang dilanggar dikotak pinalti, membuat Persebaya mendapat hadiah pinalti. Misbakhus Solikin yang mengambil kesempatan sukses mencetak gol di menit ke-39.

Di akhir babak pertama, Ricky Kayame akhirnya mencetak gol pertamanya di menit ke-42.

Hal berbeda terjadi di babak kedua, Persebaya menurunkan tempo permainannya yang membuat Persinga mendapat banyak peluang mencetak gol. 

Persebaya sontak tak banyak bergerak. Hanya sesekali melalui serangan balik, Misbakhus Solikin dkk mendapat peluang. Irfan Jaya mendapat peluang emas, sayang tendangannya masih tipis diatas gawang. Hingga babak kedua selesai, skor 4-0 tetap menghiasi papan skor.

Pelatih Persebaya, Angel Alvredo Vera, mengatakan jika penurunan performa di babak kedua karena faktor fisik. "Ya mereka capek juga, serta melihat yang terjadi dilapangan. Persinga bermain keras, mereka tidak ingin kembali kebobolan. Jadi menurun performa tadi," ujarnya.

Meskipun begitu, ia mengaku senang dengan hasil yang ada hari ini. Sebab, pada pertandingan hari ini pemain pelapis berhasil membuktikan kepercayaan pelatih.

Sementara itu, M. Fachrudin, mengaku jika masalah mental menjadi kendala utama timnya pada pertandingan hari ini. "Mereka tidak biasa bermain dengan suporter seperti ini," aku mantan pemain Persebaya ini. (ais)
 

Liga 2 Persebaya Surabaya Persinga Ngawi