Figur Prabowo Dapat Menangkan Poros Emas Jatim

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Poros Emas Jawa Timur, diprediksi akan dapat menyaingi dua poros yang ada yakni kubu Saifullah Yusuf, dan kubu Khofifah Indar Parawansa dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018. 

Hal itu terlihat dari perhitungan suara yang dimiliki ketiga partai yang masuk dalam poros Emas yakni Partai Gerindra, PAN, dan PKS.

Terlebih lagi Partai Gerindra yang dipimpin oleh Prabowo Subianto, dengan perolehan suara yang cukup besar di Pilpres 2014 lalu. Utamanya di Jawa Timur, meskipun tak sebesar di Provinsi lain namun perolehan suara Gerindra cukup besar dengan adanya 13 kursi di DPRD Jawa Timur.

Faktor Prabowo pun menjadi sangat penting bagi Poros Emas untuk memenangkan Pilgub Jatim, karena suara Gerindra tidak terpecah kepada figur lain.

"Suara Jokowi terbagi kepada dua poros, akan pecah kepad Gus Ipul (sapaan akrab Saifullah Yusuf), dan Khofifah (sapaan Khofifah Indar Parawansa). Sehingga, kita punya lubang di situ untuk diisi suara Prabowo yang tetap utuh," kata Sekretaris Gerindra Jatim, Anwar Sadad.

Hal senada juga disampaikan oleh Pengamat Politik asal Universitas Brawijaya, Fazadhora Nailufar, yang menjelaskan jika sosok Prabowo akan menjadi pendulang suara yang besar.

"Prabowo adalah booster yang hebat. Sosok beliau akan dapat menaikkan popularitas dan elektabilitas Poros Emas," jelasnya.

Tak hanya itu, sosok Prabowo yang dikenal tegas itu dianggap juga cukup dekat dengan kyai. Meskipun cukup dekat dengan kyai, wanita yang kerap disapa Dora itu mengatakan, Prabowo sebagai motor nantinya harus bisa mengondisikan kyai dan tokoh masyarakat yang ada di Jatim. 

"Ini penting untuk bisa memecah suara kedua figur yang sudah ada," pungkasnya. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Prabowo Subianto Poros Emas Gerindra