Maju Bersama Puti, Gus Ipul: Sudah Takdir

josstoday.com

Bacagub Jatim, Saifullah Yusuf saat bersalaman dengan pendaampingnya Puti Guntur Soekarno didampingi ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar di Kantor DPW PKB Jatim, Surabaya, Rabu (10/1/2018). (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Bakal Calon Gubernur, Saifullah Yusuf mengaku senang dan menerima pilihan Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang mengusung Puti Guntur Soekarno mengantikan Abdullah Azwar Anas dari pencalonan bakal calon wakil gubernur.

Menurutnya, penentuan Puti sebagai wakilnya karena takdir. "Ini bukan soal cocok tidak cocok. Ini takdir, dalam waktu tidak terlalu lama dan detik-detik terakhir ibu Ketum (PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri)," ungkapnya saat ditemui di Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim, Surabaya, Rabu (10/1/2018).

Pria yang kerap disapa Gus Ipul itu pun mengaku sudah sedikit kenal dan mengetahui seperti apa figur cucu dari presiden Indonesia pertama itu.

Perkenalannya pun sudah dimulai sekitar tahun 2000, ketika itu ia berangkat menunaikan haji bersama. Selain itu, Puti juga seorang politisi di DPR RI. 

"Beliau politisi hebat, buktinya sudah dua periode menjabat di DPR RI. Jadi saya kira kita bisa bersama-sama untuk membangun Jawa Timur ke arah yang lebih baik," ungkapnya. 

Senada dengan Gus Ipul, Puti yang turut hadir di lokasi yang sama mengaku jika ia dipertemukan dengan Gus Ipul karena takdir. 

"Alhamdulillah rasanya penuh dengan rahmat dan barokah akan kehadiran saya. Dan, ini mungkin pertama kali beratatap muka langsung dengan para kyai, bu nyai dan saudara-saudara di sini. Kehadiran saya mungkin sudah garis tangan suratan takdir, saya harus mengabdi di Jawa Timur," ungkapnya saat memberi sambutan.

Selain mengabdi bagi Jawa Timur, ia pun berkomitmen untuk memajukan bangsa ini seperti bagaimana kakeknya Ir Soekarno dan pendiri NU menjaga NKRI.

"Ini kehormatan ketika saya diminta Gus Ipul mendampingi jadi wakil gubernur. Menurut saya, ini satu rajutan sejarah yang harus kita buktikan," ucapnya.

Sebelumnya, penetapan Puti sebagai bacawagub adalah untuk menggantikan posisi Abdullah Azwar Anas yang mundur dari pencalonan karena isu negatif yang menyerangnya. Karena itu, PDI Perjuangan yang diminta Gus Ipul dan PKB untuk mengajukan calon langsung bergerak cepat. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Gus Ipul Puti Guntur Soekarno