Empat Mahasiswa Unusa Ciptakan Bikoling

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Empat mahasiswa dari Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menciptakan Biskuit Kolang-Kaling. Keempat mahasiswa itu adalah Imam Solichin, Ika Maya Megawati Putri, Shofia Rizkyanti, dan Siti Khunainatul Muarofah.

Salah satu anggota kelompok, Imam Solichin mengaku, penggunaan kolang kaling adalah karena memiliki banyak khasiat, dan dapat dinikmati oleh seluruh kalangan usia. 

"Kolang kaling adalah salah satu bentuk tumbuhan yang kaya akan kalsium yang belum diketahui khasiatnya oleh banyak masyarakat," kata mahasiswa semester lima Unusa.

"Manfaat Biskuat Kolang Kaling ( Bikoling) dapat untuk seluruh lapisan usia. Untuk bayi, pertumbuhan tulang. Bagi usia remaja, dapat digunakan sebagai program diet sebab terdapat kandungan rendah kalori yang menyebabkan ketahanan kenyang lebih lama. Usia dewasa, tidak cepat tropos dan keriput," imbuhnya.

Selain itu, Imam mengatakan dengan mengkonsumsi Bikoling setiap hari dapat mengurangi berat badan hingga satu sampai tiga kg dalam satu bulan.

Mahasiswi Diploma kebidanan Fakultas Keperawatan dan kebidanan (FKK) Unusa, Siti Khunainatul menjelaskan cara pembuatan Bikoling butuh berbagai bahan yang disiapkan. Di ataranya gula halus, sagu, mentega, coklat , tepung tapioka dan kolang kaling. 

"Gula mentega di mixer hingga halus dan berwarna putih. Lalu tambahkan kolang kaling yang sudah diblender. Dan tepung terigu dan sagu. Seluruh bahan di mixer hingga kalis. Selanjutnya, siap dicetak dan dioven. Lalu, Cetak pakai plastik," jelas mahasiswa Diploma Kebidanan dengan runtun. (tus)

Unusa Bikoling