Mahasisa Unusa Ciptakan Biskuit Penawar Mual Pada Ibu Hamil

josstoday.com

JOSSTODAY.COM – Empat mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menciptakan Bikuit Nutrisi Sunnah (Bik Nunnah) Mringis) yang berkhasiat mengatasi mual pada ibu hamil. Keempat mahasiswa itu terdiri adalah Wahyu Erisa Fitri, Nurul Afifatul Azizah, Tika Pratama, dan Khoirun Nabila.

Kreasi tersebut diciptakan guna mengikuti Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2017 yang dilaksanakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Karena sangat unik, biskuit itupun dinyatakan lolos dan mendapat dana hibah dari Kemenritekdikti sebesar Rp 30 juta.

"Kami hanya membuat proposal, kami ikutkan dan alhamdulillah berhasil," ujar salah satu anggota Nurul Afifatul Azizah.

Ia menjelaskan, jika buah Kurma menjadi bahan utama dalam pembuatan biskuit ini. Pemilihan Kurma bukan tanpa alasan, dari banyaknya buah Kurma dinilai menjadi salah satu penghilang rasa mual.

"Morning sickness (mual) ini banyak dialami para ibu hamil di trimester pertama. Dari saya praktik di bidan mandiri, 80 persen ibu hamil mengalamib morning sickness. Karena itu,  kami bertekat untuk membantu ibu hamil dengan meciptakan biskuit atasi mual pada ibu hamil," ungkapnya.

Anggota kelompok lainnya, Khoirun Nabila menjelaskan bahan bahan yang harus disiapkan dalam pembuatan biskuit diataranya terigu 200 gr ,satuputih telur, susu bubuk 100 gr, mentega 150, gula bubuk 75 gr dan tepung Maizeba 25 gr.

"Pertama tepung maizena diayak agar adonan cepat kalis. Gula bubuk dan Putih telur  dimixer terakhir di tambah susu bubuk," jelas mahasiswi semester lima Unusa.

Kini, Bik Nunnah Mringis, diproduksi 6 kali dalam satu bulan. Di mana dalam satu kali produksi bisa menghasilkan 40 pak berisi 300 gram atau 15 keping biskuat dengan harga Rp 28.000/ pak. (tus/ais)

Kemenristekdikti Unusa Bik Nunnah Mringis Morning Sickness