Puti Ingin Perkuat Industri Konveksi

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno mengunjungi salah satu industri konveksi di Malang, Senin (19/2/2018). Dalam kunjungannya itu, ia melihat cara pembuatan berbagai macam busana yang mayoritas dikerjakan oleh kaum perempuan.

Saat berkunjung, tak lupa bagi wanita yang kerap disapa Puti itu untuk mencoba untuk menjahit sebuah baju. Didampingi oleh pekerja, ia dengan teliti untuk menjahit dan memberi kreasi pada baju itu.

Selain mencoba langsung, Puti juga diserbu oleh para pekerja yang ingin berswafoto bersama cucu dari Presiden Republik Indonesia pertama, Ir Soekarno itu.

Usai melakukan kunjungan, Puti mengaku senang bisa bertemu dan berdiskusi dengan para pekerja. Serta, ia juga senang karena busana yang dihasilkan dinilainya sangat bagus.

“Luar biasa! Ibu-ibu yang hebat. Karya kreatifnya bagus. Mereka ikut menyangga pertumbuhan industri kreatif. Karena itu, Gus Ipul dan saya ingin perkuat jejaring ke industri fesyen nasional dan internasional,” ujar Puti.

Menurutnya, industri seperti ini dapat meningkatkan perekonomian dan kualitas kaum perempuan. Apalagi, fesyen dari Indonesia kini sudah mulai diperhitungkan oleh masyarakat dunia.

Ia pun mengaku jika pernah membeli busana karya desainer muda Surabaya yang ia ketahui dari Instagram. Busana itu dipadu kreasi bordir dari perajin asal Malang dan Pasuruan. Dan karya itu sangat dipuji pelaku fesyen nasional.

“Saya berharap, dari Jatim akan semakin banyak terlahir pelaku fesyen berkelas nasional dan internasional,” kata Puti.

Dari situ ia memahami keterhubungan industri fesyen rumahan dengan industri kreatif berkelas nasional dan internasional sekalipun. Ia terinspirasi untuk memperkuat ekonomi keluarga, yang tiang punggungnya adalah para perempuan perajin.

“Kita scale up industri fesyen skala kecil ke menengah, lalu jadi besar. Bangun sentra-sentra penunjang. Ada bordir, batik, dan sebagainya. Kita koneksikan dengan kampus dan pusat desain. Bangun kapasitas perajin perempuan. Fasilitasi modalnya. Pasti produknya semakin kompetitif,” jelas dosen tamu Kokushikan University, Jepang, tersebut.

“Semua upaya itu, tujuan akhirnya adalah penyejahteraan keluarga. Itu kami tetapkan dalam agenda prioritas dan janji kerja kami,” kata Puti.

Salah seorang perajin, Suwarsih, melihat Puti sebagai tokoh perempuan yang sopan dan ramah. “Orangnya tidak malu bertanya, belajar. Tadi kami sempat mengajari bagaimana membordir dan membatik,” kata dia.

Dari Pakis, Puti Guntur Soekarno bergeser ke Kecamatan Kepanjen untuk bertemu para pekerja pabrik rokok. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Puti Guntur Soekarno Puti Industri Konveksi