Wisata Ke Banyuwangi, Gus Ipul Kenalkan Program Seribu Dewi

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Weekend kali ini digunakan oleh Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) untuk berwisata di Banyuwangi, Minggu (25/2/2018). Gus Ipul pun menyempatkan diri berwisata ke sejumlah destinasi, di antaranya “Bangsring Underwater”.

Di destinasi bahari penangkaran ikan itu, Gus Ipul melihat kondisi wisata sekaligus bersantai ria dengan ditemani ikan-ikan yang ia beri makan. Selain itu, ia juga menanam terubu karang.

Mantan menteri di era presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu memuji pengembangan wisata berkonsep edukasi maritim di Bangsring Underwater hingga membawa nelayan pengelola wisata setempat mendapat Kalpataru 2017 dari Presiden Joko Widodo.

“Kreativitas dipadu pemasaran yang baik adalah kunci keberhasilan wisata. Dan ini dilakukan di Banyuwangi,” kata Gus Ipul.

Dalam kesempatan itu, Gus Ipul tak lupa memaparkan program “Seribu Dewi”, pengembangan seribu desa wisata yang bakal dia geber di seluruh pelosok Jatim bersama Cawagub Puti Guntur Soekarno.

“Titik tekan programnya adalah warga, pariwisata berbasis warga. Ibu-ibu, anak muda, seluruh warga desa diberdayakan. Kita sasar seribu kelompok sadar wisata (pokdarwis) untuk diberi modal, dibantu homestay-nya, dibantu toiletnya agar berstandar internasional, dibantu sistem dan sebagainya,” jelasnya.

Dari program itu, Gus Ipul menargetkan ada 200.000 lapangan kerja baru untuk warga desa. Jadi warga desa bisa mendapat tambahan penghasilan.

“Ibu-ibu jual makanan, anak muda jadi tour guide, seperti di Bangsring Underwater ini penghasilan warga sebagai pengelola wisata relatif besar, melengkapi pendapatan sebagai nelayan. Warga tambah sejahtera,” kata dia.

Selain nyantai di Bangsring Underwater, Gus Ipul mengunjungi sejumlah homestay milik warga desa di daerah Licin yang tak jauh dari kaki Gunung Ijen. Perlengkapan homestay di wilayah ini difasilitasi Pemkab Banyuwangi dan Kementerian Pariwisata. Bahkan, ada pinjaman untuk renovasi homestay melalui kerja sama dengan salah satu bank.

Warga memperoleh penghasilan tambahan dari homestay, penjualan makanan, serta menjadi pemandu wisatawan ke Gunung Ijen yang jika akhir pekan dikunjungi tak kurang dari 2.000 wisatawan dalam dan luar negeri.

“Program Seribu Dewi semakin memperkuat komunitas-komunitas wisata berbasis desa. Kami targetkan seribu desa wisata unggulan yang kami berdayakan, kami koneksikan ke pelaku wisata global. Kami akan berkolaborasi khusus dengan marketplace pariwisata seperti AirBnB, Couch Surfing, atau Trip Advisor, termasuk dengan startup pariwisata nasional untuk membantu desa-desa wisata Jatim,” pungkas Gus Ipul. (*/ais)

Pilgub Jatim 2018 Gus Ipul Seribu Dewi Bangsring Underwater