PSSI Jatim Siapkan Sanksi Untuk Persekabpas

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Pertandingan Liga 3 Kapal Api Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jawa Timur Grup D antara Putra Jombang melawan Persekabpas Pasuruan diwarnai kericuhan suporter dengan aparat keamanan di depan Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Minggu (1/4/2018).

Berdasar kabar, kericuhan terjadi karena suporter Persekabpas Pasuruan mengamuk karena tidak dapat memasuki stadion untuk mendukung timnya. Meski tak mendapat ijin, suporter berjuluk Sakera Mania itu tetap memaksa masuk namun mendapat hadangan pihak keamanan.

Karena tak mendapat ijin masuk kericuhan terjadi. Bahkan, suporter juga merusak beberapa fasilitas stadion.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Umum Asprov PSSI Jatim, Amir Burhanuddin menjelaskan jika hal itu disebabkan oleh kapasitas stadion yang kecil. Sehingga, diputuskan pertandingan digelar tanpa suporter.

"Memang stadion Jenggolo tidak berkapasitas banyak, dan semua pasti sudah dibicarakan saat TM oleh pihak panpel, pihak keamanan dan pihak dari kedua klub.
Tentu PSSI Jawa Timur menyesalkan kejadian yg mengganggu ketertiban. Mestinya, hal tersebut sangat bisa diantisipasi bersama dengan komunikasi yang baik antara pihak manajemen klub dan para pimpinan suporter," ujarnya saat ditemui langsung usai pertandingan pembuka Liga 3 Kapal Api di Stadion Letjen H Soedirman, Bojonegoro, Minggu (1/4/2018).

Sebagai tindak lanjutnya, ia pun masih menunggu berita acara yang dibuat oleh Pengawas Pertandingan yang bertugas untuk diserahkan kepada komisi disiplin.

"PSSI Jawa Timur akan melakukan kajian bila hal tersebut terdapat unsur pelanggaran disiplin tentu menjadi ranah komdis untuk memeriksa dan mengadili tentang kejadian tersebut. Di sepak bola? semuanya di atur dan ada aturannya termasuk tentang prilaku suporter baik di dalam maupun di luar stadion," katanya.

Meskipun terjadi kericuhan, namun secara keseluruhan 21 pertandingan yang dilaksanakan berjalan lancar. Hanya, dua pertandingan terpaksa terhenti karena cuaca. (ais)

 

PSSI Asprov PSSI Jatim Liga 3 Jawa Timur Persekabpas Sakera Mania