Ini 3 Hal yang Ingin Ditekuni Dahlan Iskan

josstoday.com

Dahlan Iskan menerima cindera mata dari kordinator Program Studi Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga, Dr Gancar Premananto, Rabu, (11/7/2018). (Foto: Irfan Arif Abdillah)

JOSSTODAY.COM - Dahlan Iskan blak-blakan soal apa yang ia ingin tekuni di masa ayang akan datang. Apa itu?

"Satu, saya ingin menjadi guru jurnalistik. Dua, sebagai penulis buku. Dan yang ketiga adalah pengurus pesantren keluarga," demikian papar Dahlan Iskan, ketika berbagai pemikiran bisnis dan kepemimpinan di depan ratusan mahasiswa Magister Manajemen (MM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga, Surabaya, Rabu, (11/7/2018).

Dalam kesempatan itu, Dahlan Iskan kembali mengingatkan agar kalangan generasi muda tidak terlambat masuk bisnis. Asal mengetahui resiko dan mampu mengelola, sebaiknya anak muda bisa memulai bisnisnya sejak dini.

"Tidak perlu terlalu memperhatikan apa yang dilakukan oleh orang lain, karena itu bahaya. Itu akan membuat kita serba takut dan khawatir," demikian papar Dahlan Iskan

Menurut menteri BUMN 2011-2014, di tengah persaingan bisnis yang ketat sekalipun akan selalu ada kesempatan. "Di tengah lautan merah, masih ada kesempatan," ujar Dahlan Iskan dalam dialog penuh semangat bersama para mahasiswa MM Unair yang didominasi pengusaha muda dan profesional.

Dahlan Iskan menjelaskan, jiwa pengusaha adalah jiwa yang hidup. "Dan ini beda dengan profesional melihat angka sebagai benda mati. Pengusaha melihat angka sebagai benda hidup yang bisa memotivasi dan memberikan teguran," papar penerima Top Leader Annual Award Portal Berita Josstoday.com 2016.

Dan diungkapkan Dahlan Iskan, hanya ketika mulai sukses dalam bisnis, ada penyakit umum untuk pebisnis yang harus diwaspadai, "kalau sudah jadi bos males bekerja dan tidak mau berkeringat." (irf)

dahlan iskan jurnalistik