Anies Resmikan Dua Arena Asian Games 2018

josstoday.com

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan arena baseball untuk Asian Games 2018, Senin 13 Agustus 2018.

JOSSTODAY.COM - Mendekati lima hari pelaksanaan Asian Games 2018, revitalisasi 10 Gelanggang Olahraga (GOR) yang akan dijadikan sebagai training venue (tempat latihan) dan pembangunan dua arena yaitu baseball dan BMX Track telah rampung.

Gubenur DKI, Anies Baswedan secara langsung meresmikan 10 GOR dan dua arena tersebut di Jakarta International Baseball, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (13/8).

Dalam peresmian tersebut, Anies mengatakan dengan selesainya pembangunan dua arena, Baseball dan BMX Track, serta revitalisasi 10 GOR telah membuktikan kepada dunia internasional bahwa Indonesia sanggup menjadi tuan rumah yang baik.

“Bangsa indonesia ini adalah bangsa yang luar biasa. Kita ini paling sering dikecewakan. Orang-orang pesimis selalu kecewa dengan Indonesia, dianggap tidak bisa, ternyata bisa. Dianggap kacau, ternyata rapih. Dianggap tak cepat ternyata tuntas. Ketika kita mendapatkan tugas beberapa bulan lalu, terbersit itu pesimisme. Tetapi hari ini terbukti, kita bisa dan kita kerjakan dengan tuntas,” kata Anies di lokasi peresmian.

Hari ini, lanjutnya, semua warga Jakarta bisa menjadi saksi serah, bahwa Pemprov DKI bersama warganya mampu membangun fasilitas tempat pertandingan dengan standard kelas dunia. Semua dikerjakan dengan keseriusan dan ketekunan yang tinggi.

“Alhamdulillah pagi ini kita mejadi saksi, dan fasilitas-fasilitas yang luar biasa ini jelasnya kelas dunia. Tadi kita dengar laporan dari Pak Ratiyono (Kepala Dispora DKI) tentang 10 GOR yang sudah bisa dan siap digunakan. Kemudian, lapangan BMX track dan lapangan baseball. Ini semuanya kelas dunia, lapangan baseball ini yang ada di depan kita, saya dapat laporannya bahwa ini adalah salah satu lapangan baseball terbaik yang ada di Indonesia, katanya lebih baik dari yang ada di Senayan (GBK), itu penting. Meskipun sama-sama di Jakarta tetapi yang bangun beda,” jelasnya.

Begitu juga dengan lapangan BMX Track, lanjutnya. Dibangun oleh tokoh yang terkenal di dunia olahraga BMX, yaitu Tom Reige. Lapangan ini juga telah mendapatkan sertifikasi dari Union Cycles International. Sertifikasi adalah sertifikasi kualifikasi tertinggi atau klasifikasi kelas satu.

“Kita berharap lapangan ini semua bisa dimanfaatkan. Kita memiliki lapangan kelas dunia bukan untuk difoto, selfie dan sosmed, tetapi ini dipakai untuk warga Jakarta. Indah dipandang itu baik, tapi hebat digunakan itu jauh lebih baik. Insya Allah akan muncul atlet-atlet hebat dari tempat-tempat ini semua,” paparnya.

Adapun fasilitas olahraga yang menjadi tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta untuk dilakukan pembangunan dan revitalisasi, serta diresmikan hari ini adalah :
- Pembangunan Jakarta International BMX Track di Pulomas
- Pembangunan Jakarta International Baseball Area di Rawamangun
- Revitalisasi Gelanggang Olahraga Remaja Kota Administrasi Jakarta Pusat
- Revitalisasi Gelanggang Olahraga Remaja Kota Administrasi Jakarta Utara
- Revitalisasi Gelanggang Olahraga Remaja Kota Administrasi Jakarta Barat
- Revitalisasi Gelanggang Olahraga Remaja Kota Administrasi Jakarta Selatan
- Revitalisasi Gelanggang Olahraga Remaja Kota Administrasi Jakarta Timur
- Revitalisasi Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar Ragunan
- Revitalisasi Gelanggang Olahraga Remaja Kecamatan Pulo Gadung
- Revitalisasi Gelanggang Olahraga Remaja Kecamatan Tanjung Priok
- Revitalisasi Gelanggang Olahraga Remaja Kecamatan Cempaka Putih
- Revitalisasi Gelanggang Olahraga Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro Kuningan

Fasilitas tersebut digunakan untuk kompetisi dan latihan atlet. Fasilitas yang digunakan untuk kompetisi adalah BMX, Baseball dan GRJS Bulungan, sedangkan untuk fasilitas yang lainnya digunakan untuk latihan atlet voli dan basket. (ba/b1)

Asian Games 2018