Tim Ekspedisi APPSI Eksplorasi Keindahan Geopark Kaldera Toba

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Selepas dari Aceh, Tim Ekspedisi Jalur Darat 34 Gubernur bertolak menuju Medan untuk bertemu Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi pada Sabtu (8/9). Setelah itu bersama Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pariwisata, dan Balitbang Provinsi Sumut, Tim Ekspedisi diajak mengeksplorasi keunggulan UKM, kebudayaan dan kekayaan alam Sumatera Utara yakni Geopark Kaldera Toba.

Diantara keunggulan UKM di Sumatera Utara utara yang dieksplorasi yakni ragam batik medan dan kain ulos. Tim Ekspedisi menemui pengrajin Ulos Robert Sianipar yang telah memberdayakan puluhan UKM dan ratusan warga sebagai penenun Ulos. Tim Ekspedisi juga mengeksplorasi keragaman budaya Sumatera Utara di Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Medan, Istana Maimun dan Musem Sumatera Utara.

Esoknya, Minggu (10/9) Tim Ekspedisi menuju Danau Toba untuk mengkesplorasi keindahan dan kekayaan Geopark Kaldera Toba yang sedang disertifikasi UNESCO untuk masuk kedalam UNESCO Global Geopark.

Kepala Sie Informasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara Debbie Panjaitan mengungkapkan bahwa geopark kaldera Toba memiliki kekayaan yang tidak ada bandingnya dibanding situs geopark lain di dunia.

"Bayangkan, satu geopark ini sudah mencakup 7 kabupaten yang di dalamnya ada 4 suku yakni suku karo, simalungun, batak toba dan pakpak. Kemudian semua aspek kekayaan alam ada disini, dari sisi kekayaan geologis ada 16 geosite, sisi kekayaan hayati ada taman eden dengan ribuan jenis flora seperti andalima dan anggrek toba, dan kekayaan budaya kita lihat keragaman suku disini," ungkap Debbie saat memandu Tim Ekspedisi di Danau Toba.

Kemudian, pasca beberapa insiden di Danau Toba beberapa bulan lalu, Pemprov Sumut dan Pemda setempat telah melakukan berbagai pembenahan sehingga saat dikunjungi tim ekspedisi danau Toba nampak ramai oleh wisatawan.

Debbie menyebut saat ini semua kapal baik besar dan kecil telah dilengkapi pelampung di tiap kursinya, kemudian pemerintah juga sedang menggodok perda tentang standar keselamatan di Danau Toba.

Sehari penuh dipandu oleh Disbudpar Sumut, Tim Ekspedisi mengelilingi Danau Toba, mengunjungi beberapa geosite hingga mengunjungi rumah pengasingan Soekarno di tepi Danau Toba. Selepas dari Danau Toba, Tim Ekspedisi melanjutkan perjalanannya jalur darat menuju Pekanbaru, untuk bertemu dengan Gubernur Riau. (lul/pr)

APPSI Tim Ekspedisi gubernur