Sandi: Pemerintah Tidak Berpihak Pada Usaha Kecil

josstoday.com

Cawapres nomor urut dua, Sandiaga Salahuddin Uno, menyapa warga Tanggulangin, Sidoarjo, usai melakukan dialog UMKM, Rabu (2/1/2018). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Calon Wakil Presiden nomor urut dua, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan jika pemerintah tidak berpihak kepada usaha-usaha kecil dalam negeri.

Menurut pria yang akrab disapa Sandi itu, hal itu berdampak pada perekonomian rakyat yang tidak merangsek naik.

Ia menjelaskan, jika saat ini keberpihakan itu terlihat dari banyaknya perusahaan-perusahaan besar yang mendominasi perekonomian bangsa. Ini membuat peningkatan kesejahteraan masyarakat yang diharapkan masih belum terwujud.

"Sekarang ini banyak yang mengeluh mengenai bahan baku, mengeluh mengenai pemasaran, tapi tidak diperhatikan pemerintah, kemudian mengenai perizinannya juga. Jadi, Prabowo-Sandi akan memberikan langkah-langkah yang pasti agar mereka bisa mengembangkan usaha, karena lapangan pekerjaan itu yang nanti akan diciptakan adalah diciptakan oleh UMKM bekerjasama dengan fasilitasi pemerintah, di situ adalah diferensiasi pendekatan Prabowo-Sandi," kata Sandi saat ditemui usai dialog dengan pegiat UMKM di Tanggulangin, Sidoarjo, Rabu (2/1/2018).

Ia menyayangkan kurang berpihaknya pemerintah pada ekonomi rakyat. Sebab, ada begitu banyak UMKM yang menghasilkan produk-produk yang tak kalah dengan milik asing. Ia mencontohkan, produk-produk mainan anak edukatif, drone hasil karya anak-anak SMK, dan lain-lain.

Karena itu, ia menilai keberpihakan menjadi problem dalam laju peningkatan ekonomi bangsa. "Problemnya keberpihakan pemerintah sekarang belum selalu berpihak. Sehingga, tadi mbak Widya mengeluhkan bahwa produk-produk impor itu masuk menghantam produk mereka," ujar Cawapres yang mendampingi Capres Prabowo Subianto.

Saat ini, lanjut Sandi, jika pemerintah masih menggantungkan diri terhadap barang-barang impor. Sehingga, banyak barang-barang yang dijual makin mahal.

Karena itu, ia berkomitmen ketika terpilih nanti akan merubah kebijakan ekonomi. Di mana, nantinya pemerintah akan lebih berpihak kepada UMKM dengan harapan akan membuka lapangan pekerjaan, mengurangi kemiskinan.

Ia pun optimis, dengan keberpihakan UMKM yangvada juga bisa bersaing dengan produk dari luar negeri. (ais)

Pilpres 2019 Sandiaga Uno Sandi UMKM