PT NKE Mulai Pengurukan Tanah Galian Barang Bukti

josstoday.com

Alat berat dikerahkan dalam pengurukan tanah 5x5 meter bekas proyek pembangunan basement RS Siloam, Jl. Gubeng, Surabaya, Sabtu (26/1/2019). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - PT Nusa Konstruksi Enjiniring (NKE) Tbk mulai melakukan pengurukan di galian lubang 5x5 meter bekas area proyek pembangunan basement RS Siloam, Jl. Gubeng, Surabaya, Sabtu (26/1/2019).

Tampak dalam pengurukan itu diawasi langsung oleh tim dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII.

Humas BBPJN VIII, Wahyu P Kuswanda mengatakan, pengurukan ini dilakukan setelah keluarnya surat perijinan pengurukan lokasi pencarian barang bukti dari Polda Jawa Timur.

"Selama dua minggu kita tau bersama ada keretakan di lereng tanah dan jalan. Kita segera melakukan penimbunan, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan saluran drainase kota, dan jalur pedestrian," katanya saat ditemui di lokasi pengurukan.

Pria yang akrab disapa Wahyu itu mengatakan, nanti teknisnya selain melakukan pengurukan akan pula dilakukan pemadatan agar tidak terjadi penurunan tanah yang beresiko kepada bidang tanah atau ruas jalan lain.

Ia pun mengatakan, jika pengurukan ini akan selesai dalam waktu empat hari. "Saya dapat berita hanya empat harian ini segera bisa ditimbun. Dan, kita sudah dapat keterangan dari PT NKE bahwa shift pile tidak akan dicabut, jadi ini lebih baik daripada dicabut akan ada gerakan tanah lagi," ujarnya.

Selain melakukan pengurukan tanah, ia menjelaskan nanti ada pengawasan terhadap jalan Raya Gubeng karena tidak dilakukan pemadatan. Sehingga, akan terjadi penurunan dan kerusakan jalan.

"Pengawasan berkala itu di jalan, karena kita tau jalan dibangun tanpa pemadatan walaupaun satu meter diatas memenuhi kaidah. Sehingga nanti terjadi penurunan. Komite Keselamatan Konstruksi telah memutuskan masa pemeliharaannya dua tahun. Jadi, ini nanti turun sedikit, rusak akan diperbaiki. Kita tunggu sampai dua tahun untuk kita evaluasi, kalau sudah ok kita kembalikan ke pemerintah dalam hal ini Balai Besar Pelaksaan Jalan Nasional VIII," pungkasnya. (ais)

Jalan Ambles Gubeng RS Siloam Polda Jatim BBPJN VIII PT NKE