Douglas Herring Selamatkan CLS Dari Kekalahan

josstoday.com

Pemain CLS Knights Indonesia, Douglas Herring Jr (kiri) berusaha melewati penjagaan pemain Saigon Heat, Trevon Huges dalam lanjutan ABL 2018-2019 di GOR Kertajaya, Surabaya, Rabu (13/3/2019). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - CLS Knights Indonesia berhasil menutup pertandingan babak penyisihan Asean Basketball League (ABL) 2018-2019 dengan kemenangan. Anak asuh Brian Rowsom itu menang secara drastis ketika mengalahkan Saigon Heat dengan skor 91-90 di GOR Kertajaya, Surabaya, Rabu (13/3/2019).

Adalah Douglas Herring Jr yang menjadi pahlawan di enam detik terakhir ketika CLS tertinggal 89-90. Penetrasi yang dilakukan berhasil membuahkan dua poin yang memastikan kemenangan CLS.

Membuka pertandingan, CLS justru tampil tertekan dengan kombinasi serangan yang dilakukan lawan. Bahkan, dua menit berjalan Maxie Esho dkk tertinggal 0-7. Perlahan tapi pasti, tuan rumah mulai memperbaiki penampilannya, sekaligus sukses menutuo kuarter pertama dengaj skor 23-22.

Keadaan serupa kembali terjadi di kuarter kedua, Heat kembali sukses mengungguli tuan rumah dengan skor 38-33 di lima menit pertama. Namun, beberapa kali penetrasi melalui paint area pemain-pemain tuan rumah membuat CLS kembali unggul 47-46.

Usai istirahat, pertandingan berjalan makin ketat. Saigon Heat yang tertinggal mencoba melakukan pressing kepada Douglas Herring, untuk mengurangi aliran bola CLS. Hasilnya ampuh, Saigon Heat sukses menyamakan kedudukan jadi 66-66.

Di kuarter pamungkas, pertarungan semakin sengit dan tensi semakin panas. Kedua tim berbalas poin. Namun, Heat berhasil memanfaatkan peluang yang ada untuk membalikkan keadaan. Akhirnya, di sisa waktu kurang lebih 2 menit Saigon Heat unggul 86-77.

Melihat kondisi itu, Asisten Pelatih CLS, Koko Heru Setyo Nugroho yang menggantikan peran Brian Rowsom mengambil time out. Di situ, ia menginstruksikan untuk melakukan pressing ketat. Upaya itu pun berhasil. Beberapa kali pemain-pemain CLS sukses melakukan steal kepada pemain lawan yang akhirnya dimanfaatkan dengan dua kali tembakan tiga angka Wong Wei Long yang sukses melampaui poin lawan. menjadi 89-88.

Trevon Huges yang melakukan serangan balik cepat, memaksa Douglas Herring untuk melakukan foul. Akhirnya mendapat dua tembakan free throw yang membuat lawan unggul 90-89. Namun, enam detik terakhir, Douglas Herring sukses membawa CLS menang.

"Pertama pemain melakukan eksekusi bola dengan baik. Kedua, pemain punya usaha yang baik. Sampai akhirnya mereka bisa kasih kemenangan," ujar Koko.

Menurutnya, pertandingan ini menyisakan begitu banyak pekerjaan rumah sebelum menghadapi babak playoffs. Utamamya, masalah konsistensi disaat keadaan tertekan. (ais)

ABL 2018 CLS Knights Indonesia Saigon Heat