Khofifah Beri Atlet Berprestasi Beasiswa Pendidikan

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memberikan beasiswa pendidikan kepada 180 atlet Jatim yang sukses meraih medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 Papua. Pemberian itu secara simbolis ia berikan kepada 18 atlet dalam acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) KONI Jatim 2019 di Hotel Novotel Samator, Surabaya, Rabu (20/3/2019).

Gubernur yang akrab disapa Khofifah itu menjelaskan, jika pemberian beasiswa ini merupakan bentuk apresiasi Pemprov atas prestasi yang diraih. Menurutnya, pendidikan menjadi aspek penting di luar prestasi dalam untuk bekal masa depan atlet.

“Prestasi olahraga dan prestasi pendidikan beriringan. Harus dijaga betul. Saya minta tolong pimpinan cabor dan KONI, mohon sekarang ini bit data atlet berprestasi bisa nyambung dengan bit data di Dispendik dan Dispora,” jelas Khofifah.

Gubernur yang juga Ketua PP Muslimat Nahdlatul Ulama itu mengaku, jika dirinya banyak menerima keluh kesah dari para atlet terkait pendidikan. Ia mengatakan, ada banyak atlet yang masih terkendala dengan perijinan karena harus meninggalkan sekolah untuk berlatih baik dalam kebutuhan Puslatda dan Pelatnas.

Karena itu, Khofifah berjanji akan membantu para atlet agar dapat dimudahkan dalam bersekolah dan berlatih. Sehingga, ada keberimbangan antara prestasi olahraga dan pendidikan.

"Ayo mau ke SMA mana? Saya akan bantu mediasi. Sebab, antara prestasi olahraga dan pendidikan harus beriringan," ujarnya.

Untuk itu juga, Pemprov Jatim melalui Dispendik Jawa Timur melakukan penandatanganan MoU dengan KONI Jatim.

Sementara itu, Ketua KONI Jatim, Ir Erlangga Satriagung, menyambut baik antusiasme Khofifah yang menjadikan sektor olahraga menjadi salah satu sektor penting dalam pembentukan sumber daya berkualitas.

“Ini pertama kali di Indonesia ada atensi gubernur untuk atlet berprestasi. Kami berharap atlet berprestasi di sektor olahraga dan pendidikan. Kami targetkan hingga Strata 2 (S2). Ini menumbuhkan semangat baru,” kata Erlangga. (ais)

 

Gubernur Jatim Khofifah KONI Jatim Beasiswa