Fandi Ajak Ribuan Fatayat NU Persiapkan Diri Hadapi Era Industri 4.0

josstoday.com

Caleg DPR RI Partai PKB Dapil 1 Surabaya-Sidoarjo, Fandi Utomo, saat memberikan materi dalam acara silaturahim dengan ribuan anggota Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kota Surabaya, di Atlantis Land, Kenjeran, Jumat (29/3/2019). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Calon anggota legislatif DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Dapil 1 Surabaya-Sidoarjo, Fandi Utomo, menyampaikan jika kehadiran era industri 4.0 tidak perlu ditakuti. Hal itu ia sampaikan ketika bersilaturahim dengan ribuan anggota Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kota Surabaya, di Atlantis Land, Kenjeran, Jumat (29/3/2019).

Ia mengatakan, jika di era industri 4.0 ini akan menghilangkan profesi yang lama. Namun, akan muncul lebih banyak profesi baru. Tergantung dengan bidang keahlian masing-masing.

Fandi menyebut saat ini ada tantangan yang harus dilalui untuk menghadapi era ini. Yakni dengan cara meningkatkan keterampilan individu karena pada era ini semua serba cepat dan serba digital.

"Karena itu, kita harus mempersiapkan diri untuk meningkatkan learning skill kita. Di mana, ada lima itemnya yakni mental agility, result agility, people agility, change agility, dan self awareness," kata Fandi.

Untuk mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), jelas Fandi, saat ini pemerintahan Joko Widodo sedang serius melakukan perbaikan itu.

"Bahkan, saat ini Pak Jokowi telah menyiapkan kartu-kartu untuk menfasilitasi itu. Pertama, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk memfasilitasi pendidikan anak lulusan SMA hingga lulus kuliah. Kedua, Kartu Pra Kerja untuk memberikan penyiapan kepada masyarakat sebelum turun di dunia kerja. Dan, Kartu Sembako yang ini cocok untuk ibu-ibu," jelas Fandi disambut antusias para anggota Fatayat NU.

Untuk itu, Fandi meminta kepada seluruh undangan yang hadir agar ikut memenangkan Jokowi-KH Ma'ruf Amin agar dapat tersejahterakan semua.

Tak lupa, ia menegaskan jika pemerintahan Jokowi-KH Ma'ruf Amin akan mempertahankan NKRI agar tidak bubar. Malah, keduanya akan menyiapkan ekonomi Indonesia menjadi 10 besar kekuatan ekonomi dunia. (ais)

Industri 4.0 PKB Fandi Utomo Jokowi