TNI dan Polri Jamin Keamanan Saat Pencoblosan Berlangsung

josstoday.com

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat menyaksikan persiapan peserta Latsitardanus di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (1/4/2019). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menjamin jika suasana pada saat hari H pencoblosan pada 17 April 2019 akan aman terkendali. Hal itu ia sampaikan ketika menghadiri acara pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) Tahun 2019, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (1/4/2019). 

Karena itu, ia menyampaikan jika masyarakat yang memiliki hak pilih agar tidak takut untuk menyalurkan suara secara langsung di tempat pemungutan suara (TPS). 

"Masyarakat tidak usah takut untuk datang ke TPS pada tanggal 17 April 2019, karena TNI dan Polri menjamin keamanan mulai dari rumah sampai dengan ke TPS," kata Hadi Tjahjanto usai acara.

Mantan Kepala Staf Angkatan Udara itu menyampaikan, jika saat ini TNI dan Polri terus melakukan persiapan pengamanan. Tidak hanya saat kampanye saja, tapi pengamanan pendistribusian logistik dan pengamanan TPS terus dipersiapkan melalui berbagai simulasi.

Ia pun berharap, pada saat pencoblosan nanti kondisi cuaca dapat bersahabat untuk mendukung seluruh proses sejak awal pemungutan hingga perhitungan suara usai.

"Semoga cuacanya bagus dan masyarakat berbondong-bondong ke TPS memberikan hak suaranya," harapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri, Irjen Pol Muhammad Iqbal, yang menegaskan bahwa kondisi dan situasi bangsa sangat aman dan berharap proses Pemilu berjalan sesuai keinginan banyak pihak. Sehingga, ia berharap agar masyarakat tidak perlu khawatir untuk memberikan hak pilihnya.

"Prinsipnya, seluruh masyarakat tidak usah khawatir untuk menyalurkan aspirasi. TNI dan Polri menjamin itu semua," kata mantan Wakapolda Jatim itu.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengatakan, saat ini yang menjadi perhatian adalah bagaimana agar logistik dapat tersalurkan dengan tepat waktu. Utamanya, bagi daerah-daerah kepulauan dan pelosok.

Selain itu, mantan Bupati Trenggalek itu menjelaskan, jika pihak-pihak keamanan mulai dari jajaran Kodam V Brawijaya dan Polda Jawa Timur terus melakukan persiapan untuk menghadapi berbagai ancaman. Namun, ia optimis jika Pemilu 2019 akan berjalam aman dan lancar.

"Waktu itu kan dilakukan apa simulasi untuk seluruh tahapan Pemilu dilakukan di lapangan Kodam. Juga hadir sudah di simulasi sedemikian rupa segala macam gangguan dari mulai pendistribusian kotak suara apabila kemudian ada gangguan di jalan pengawalan nya seperti apa dari unit kepolisian," kata Emil

"Dan juga kemudian bagaimana pada saat dilakukan kampanye akhir-akhir itu. Bagaimana melakukan pengamanan sampai di pemungutan suara sampai di demonstrasi. Bahkan, kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan itu semua sudah ter-mapping dengan komprehensif oleh kepolisian," imbuhnya. (ais)

Pemilu 2019 TNI Polri Marsekal TNI Hadi Tjahjanto