PS Tira Tahan Imbang Persebaya 1-1

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - PS Tira Persikabo berhasil menahan imbang Persebaya dengan skor 1-1 dalam laga pekan ke-10 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (21/7/2019).

Membuka pertandingan, kedua tim bermain terbuka dengan aksi saling balas serangan. Namun, tak lama Persebaya menguasai permainan.

Tak ingin kembali mengalami kekalahan, pelatih Persebaya Djajang Nurdjaman langsung memasang enam pemain dengan tipikal bertahan. Di posisi belakang ada nama Abu Rizal Maulana, M.Syaifudin, Otavio Dutra, dan Ruben Sanadi. Di tambah, Rachmat Irianto yang difungsikan sebagai gelandang bertahan bersama M.Hidayat.

Dengan memasang banyak pemain bertahan, di awal pertandingan PS Tira yang memiliki barisan penyerang berkualitas kesulitan menembus pertahanan Persebaya.

Sebaliknya, dengan penampilan Persebaya yang mengandalkan Amido Balde sebagai striker tunggal berhasil membahayakan pertahanan lawan. Tercatat, di 7 menit awal, Amido Balde dua kali membahayakan gawang PS Tira.

PS Tira yang terus mendapat tekanan hanya mengandalkan serangan balik melalui kedua sayap yang diisi dengan tipikal pemain yang memiliki skill dan kecepatan seperti Ciro Henrique Alves dan Wawan Febrianto.

Di menit ke-19, Wawan Febrianto berhasil memberi ancaman bagi gawang Persebaya melalui pergerakannya di sisi kanan pertahanan tuan rumah. Ia berhasil melewati penjagaan Abu Rizal Maulana. Namun, karena tendangannya masih lemah masih dapat diantisipasi kiper Mizwar Saputra.

Terus menyerang, Persebaya terus memberi begitu banyak ancaman tambahan melalui Amido Balde, yang juga terus dapat diantisipasi kiper PS Tira, Angga Saputra.

Gol yang ditunggu-tunggu oleh Persebaya akhirnya hadir di menit ke-44, melalui tendangan jarak jauh Rachmat Irianto yang sulit diantisipasi kiper lawan. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Usai turun minum, Persebaya terus mendominasi permainan. Tercatat dalam 10 menit pertama, Amido Balde memiliki empat peluang emas yang gagal menjadi gol.

Sebaliknya, PS Tira terkesan terbawa dengan alur permainan cepat yang ditampilkan Persebaya. Tim tamu kesulitan untuk menembus pertahanan tuan rumah.

Terus menerus menyerang, membuat Ruben Sanadi dkk lengah dalam bertahan. Terbukti, di menit ke-64 ketika PS Tira memanfaatkan satu peluang melalui serangan langsung menjadi gol. Serangan balik yang terkoordinasi dengan baik oleh Ciro Alves yang menyisir sisi kanan pertahanan Persebaya, kemudian memberi umpan tarik kepada Wawan Febrianto yang mencetak gol.

Beberapa menit pasca gol, lampu stadion GBT mati karena masalah teknis. Kesempatan itu, dimanfaatkan oleh PS Tira untuk mengubah strategi permainan.

Hal itu terbukti dengan mulai menurunnya tempo permainan kedua tim, yang lebih saling menunggu momentum melakukan serangan balik cepat.

Setelah mati lampu, tempo permainan kedua tim menurun. Kedua tim sama sama bermain sabar menunggu momentum serangan balik. Namun, hingga pertandingan usai skor tetap 1-1.

Pelatih PS Tira, Rahmad Darnawan mengaku cukup puas dengan hasil malam ini karena masih mampu mempertahankan rekor tak terkalahkan. Hanya saja, ia mengaku jika pada pertandingan malam ini timnya kewalahan menghadapi strategi Persebaya.

"Persebaya tidak bermain seperti biasa. Mereka memancing kami keluar dan itu buat kami sedikit kesulitan. Tapi, setelah itu variasi kita buat," aku Rahmad.

Selain itu, ia mengatakan, bahwa timnya mendapat keberuntungan karena ada banyak peluang Persebaya yang tidak menjadi gol. Utamanya, tendangan Amido Balde yang menatap tiang gawang.

Di sisi lain, pelatih Djajang Nurdjaman mengaku, kecewa dengan hasil pertandingan karena timnya bisa mencetak lebih dari satu gol.

"Penyelesaian akhir jadi masalah, ada banyak peluang gak jadi gol," aku Djanur

Di sisi lain, ia juga kecewa dengan keputusan wasit yang cukup banyak merugikan timnya. Apalagi, para pemain melihat dengan jelas ada dua kali handsball yang dilakukan pemain lawan di kotak penalti, tapi tidak dihukum oleh wasit. (ais)

Shopee Liga 1 Persebaya PS Tira Persikabo PS Tira