WHO Nyatakan Afrika Bebas Polio

josstoday.com

Foto dokumentasi pada 22 April 2017 memperlihatkan seorang petugas kesehatan memberikan vaksin kepada seorang anak saat program vaksinasi polio di Hotoro-Kudu, distrik Nassarawa di Kano, barat laut Nigeria. (Foto: AFP)

JOSSTODAY.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (25/8) menyatakan bahwa Afrika sekarang telah bebas dari virus penyebab polio. Pencapaian ini menjadi tonggak kampanye selama puluhan tahun untuk memberantas yang penyakit terkenal di seluruh dunia.

“Hari ini adalah hari bersejarah bagi Afrika,” kata Prof Rose Gana Fomban Leke, yang komisinya menyatakan bahwa tidak ada kasus yang terjadi di benua itu selama empat tahun terakhir, yakni ambang batas pemberantasan virus polio.

Lebih dari 95% populasi Afrika sekarang telah diimunisasi. Itu adalah salah satu syarat yang ditetapkan oleh Komisi Sertifikasi Regional Afrika sebelum menyatakan benua itu bebas dari polio liar. Menurut WHO, virus polio sekarang bergabung dengan cacar dalam daftar virus yang telah dinyatakan musnah di Afrika.

“Sejak 1996, upaya pemberantasan telah mencegah hingga 1,8 juta anak dari kelumpuhan seumur hidup dan menyelamatkan sekitar 180.000 nyawa,” kata WHO.

Poliomyelitis yakni istilah medis untuk polio adalah virus yang sangat menular dan menular yang menyerang sumsum tulang belakang dan menyebabkan kelumpuhan permanen pada anak-anak.

Polio endemik terjadi di seluruh dunia sampai vaksin ditemukan pada 1950-an. Meskipun demikian, penyakit ini tetap di luar kemampuan banyak negara miskin di Asia dan Afrika. (is/b1)

WHO Afrika Polio virus Polio