Gareth Southgate Bela Skema Barunya di Timnas Inggris

josstoday.com

Gareth Southgat

JOSSTODAY.COM - Pelatih Inggris, Gareth Southgate membela skema permainan yang diterapkannya saat tim Tiga Singa ditahan imbang tanpa gol oleh tuan rumah Denmakr pada pertandingan Liga Nasional Eropa di Parken Stadium, Copenhagen, Rabu (9/9/2020) dini hari WIB.

Pada laga ini, ia menggunakan sistem 3-4-3. Namun, sejumlah pihak mengkritik skema ini karena membuat Inggris tidak produktif karena tidak mencetak gol. Sementara pada laga sebelumnya, mereka hanya menang 1-0 atas Islandia. Itu pun lewat gol penalti Raheem Sterling menjelang pertandingan berakhir.

Namun, Southgate menegaskan bahwa mereka harus belajar banyak termasuk dengan sistem-sistem baru. "Kami mencoba sistem baru yang kami yakin bisa meraih hasil lebih bagus. Syaratnya, kami mampu mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik kami," katanya sebagaimana dikutip dari Sky Sports.

Ia melanjutkan, "Untuk tahap awal, jangan dulu lihat hasilnya. Yang paling penting kami memulai dengan stabilitas. Kami bisa saja menyerang dengan garis sedikit tinggi di babak pertama, tetapi tetap bisa mengontrol. Ini sangat penting bagi para pemain. Namun, kami tidak bisa menekan tinggi sepanjang 90 menit karena membutuhkan kekuatan fisik yang mumpuni."

"Yang harus dipikirkan adalah bagaimana mengembangkan sistem melawan tim-tim yang memiliki kualitas lebih bagus karena melawan negara yang berkualitas lebih rendah, kami sudah gunakan sistem 4-3-3 secara bagus. Anda bisa lihat, kami sedikit kehilangan ancaman serangan dari pemain nomor 8 yang kami mainkan. Namun secara bertahan, kami sangat solid dalam skema yang kami bangun," papar Southgate lebih jauh.

Terkait lawan, lanjutnya, mereka menggunakan formasi 4-3-3, tetapi juga tidak bisa berjalan konsisten sepanjang 90 menit. "Dan ini adalah cara terbaik untuk menyegarkan tim tetapi juga untuk mencari sesuatu yang berbeda," ucapnya lagi.

Liga Nasional Eropa Gareth Southgat