Jokowi Perintahkan Mensos Risma Salurkan Bansos Awal Januari

josstoday.com

Tri Rismaharini ketika diperkenalkan Presiden Jokowi sebagai Menteri Sosial. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

JOSSTODAY.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Menteri Sosial Tri Rismaharini untuk menyalurkan bantuan sosial (Bansos) lanjutan Covid-19 pada pekan pertama Januari 2021.

“Yang diminta Bapak Presiden, yang sangat urgent adalah bagaimana realisasi bantuan untuk triwulan IV dan nanti awal 2021, Januari, minggu pertama harus bisa keluar, karena berkaitan dengan pergerakan ekonomi nasional. Karena itu kami harus kerja keras, sehingga minggu pertama Januari 2021 bisa segera tersampaikan kepada penerima bantuan,” kata Tri Rismaharini seusai pelantikan di Istana Negara, Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Selain itu, Presiden juga meminta agar dilakukan pemberdayaan masyarakat. Karena itu, Tri Rismaharini yang biasa disapa Risma ini, mengatakan pihaknya akan membuat bantuan sosial dapat memiliki implikasi atau dampak langsung yang terukur kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Artinya, ada mekanisme-mekanisme pembinaan yang harus dilakukan. Kami tidak bisa sendiri, kami akan gandeng gubernur, kepala daerah, utamanya perguruan tinggi setempat yang mengetahui persis perkembangan di daerahnya,” ujar Tri Rismaharini.

Kemudian, Risma juga akan melakukan antisipasi sesuai dengan perkiraan cuaca dari BMKG. Sehingga tidak mengganggu hasil produk pertanian yang dapat mengakibatkan bencana kelaparan.

“Berikutnya perbaikan data, kami akan bekerja sama dengan Ditjen Kependudukan Kementerian Dalam Negeri untuk updating data tentang penerima bantuan. Karena ya memang pasti ada selisih, hari ini di-update, ada yang meninggal, pindah dan sebagainya. Itu yang harus kita terus tangani,” terang Tri Rismaharini.

Ditegaskannya, bantuan sosial Covid-19 ini akan dilakukan dengan sangat transparan dan tidak lagi diberikan secara cash atau tunai, tetapi akan dilakukan dengan menggunakan transaksi elektronik.

“Kita lakukan dengan transparan dan tidak ada tunai, cash tapi akan kami gunakan semua transaksi elektronik. Juga masukan-masukan dari daerah, kami akan gunakan elektronik yang cepat sehingga perbaikan-perbaikan data dapat segera kami lakukan sehingga efektivitas data terjaga,” tegas Tri Rismaharini.

Terkait penunjukannya sebagai Menteri Sosial, Risma mengatakan dirinya dihubungi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

“Jadi saya dihubungi Pak Mensesneg hari Senin siang sekitar jam 3. karena saat itu saya sedang meeting, kemudian disampaikan, Bu Risma besok diminta ke istana. Jadi Selasa saya sudah di Jakarta,” ungkap Tri Rismaharini. (is/pr)

 

Resuflle Menteri Sosial Tri Rismaharini