Hajar Spezia 3-0, Juventus Pangkas Jarak

josstoday.com

Pemain Juventus Federico Chiesa (kedua dari kiri) menendang bola ke gawang Spezia pada lanjutan Liga Italia di Stadion Juventus, Turin, Selasa, 2 Maret 2021. (Foto: AFP)

JOSSTODAY.COM - Juventus memangkas jarak dari posisi puncak klasemen Liga Italia setelah menghajar Spezia 3-0 di Stadion Allianz, Turin, Selasa (2/3/2021) waktu setempat.

Kemenangan ini membuat Juventus yang berada pada posisi ketiga kini mengoleksi 49 poin atau hanya tujuh poin dari pemuncak klasemen Inter Milan yang baru bermain Jumat (5/3/2021) dini hari WIB.

Adapun Spezia (poin 25) yang menelan kekalahan kedua dalam tiga pertandingan terakhirnya turun ke urutan ke-16.

Spezia mengawali pertandingan dengan baik ketika Diego Farias mengirimkan umpan terobosan, tetapi penyelesaian Riccardo Marchizza menghantam bagian luar jala gawang tuan rumah.

Juve perlahan mengambil kendali permainan dan menciptakan peluang ketika Alex Sandro mengirim umpan matang ke arah Dejan Kulusevski, tetapi kiper Ivan Provedel keluar dari sarang untuk menghalau bola.

Tiga menit jelang turun minum, Cristiano Ronaldo hampir membuka keunggulan Juventus setelah menerima umpan sodoran Kulusevski yang membentur tiang gawang.

Pada menit ke-61, dua pemain pengganti Federico Bernardeschi dan Alvaro Morata melakukan kerja sama apik untuk menjebol gawang Spezia sekaligus membuka keunggulan Juventus.

Gol Morata itu awalnya dianulir karena hakim garis mengangkat bendera pertanda offside terhadap Bernardeschi, tetapi setelah berkonsultasi dengan VAR wasit Juan Luca Sacchi mengesahkannya.

Keunggulan itu segera digandakan oleh Federico Chiesa yang dengan sigap menyambar sendiri bola muntah hasil tembakannya yang sempat dimentahkan oleh Provedel pada menit ke-71.

Enam menit kemudian, Provedel melakukan penyelamatan gemilang ketika sigap menepis eksekusi tendangan bebas Ronaldo.

Penampilan
Satu menit menjelang bubaran waktu normal, Ronaldo melengkapi kemenangan Juventus menjadi 3-0 saat mengakhiri sebuah serangan balik yang diawali keberhasilan Rodrigo Bentancur mencuri penguasaan bola dari Lucien Agourne.

Istimewanya, laga Juventus vs Spezia tersebut merupakan penampilan Ronaldo ke-600 dalam kariernya di liga.

“Kami tidak membuat awal yang cemerlang, hal yang normal jika Anda bermain tiap tiga hari. Kami mencoba mengatur permainan dan juga menciptakan beberapa peluang di babak pertama. Di babak kedua, berkat pemain pengganti, kami bisa menjadi lebih mengancam dan mengubah pertandingan,” kata pelatih Juventus, Andrea Pirlo.

Striker asal Spanyol, Alvaro Morata, yang mencetak gol dalam laga tersebut mengatakan, dia senang dengan gol tersebut. Namun, menurutnya, tiga poin lebih penting.

“Kami sekarang memikirkan pertandingan berikutnya dan melihat ke depan, sambil mengetahui bahwa kami juga memiliki satu pertandingan di tangan. Setiap orang yang tahu sepak bola tahu bahwa setiap kemenangan membangun kepercayaan diri dan suasana yang indah di ruang ganti,” katanya.

Kedua tim dijadwalkan kembali tampil Sabtu (6/3/2021) saat Juventus menjamu Lazio dan Spezia bermain di kandang sendiri menghadapi sesama tim promosi Benevento. (gus/b1)

Liga Italia Juventus Cristiano Ronaldo Juventus vs Spezia