Petaka Ducati: Bagnaia Tabrak Pole-sitter Martin

josstoday.com

Pembalap Pramac Ducati Jorge Martin terjatuh di Grand Prix Qatar, 6 Maret 2022. (Foto: MotoGP.com)

JOSSTODAT.COM – Balapan pembuka MotoGP 2022 di Qatar menjadi petaka bagi tim Ducati Lenovo, setelah pembalapnya Fransesco Bagnaia tersungkur dan akibatnya menjatuhkan Jorge Martin yang berada di sampingnya, Minggu (6/3/2022) malam.

Martin, pemegang pole position dalam balapan tersebut, adalah juga penunggang Ducati di tim satelit Pramac Racing.

Insiden terjadi di putaran ke-12 ketika mereka berdua berada di belakang rombongan pembalap terdepan. Bagnaia terlihat sangat bertekad untuk segera menyusul rombongan terdepan dan memaksakan diri menyalip Martin dari sisi dalam di tikungan 1.

Saat menikung ke kanan, ban depan Bagnaia terpeleset sehingga motor dan pembalapnya langsung ambruk. Martin yang menempel di sebelah kiri tidak bisa berbuat apa-apa ketika motor Bagnaia menghantam motornya.

Mereka berdua terseret ke area gravel dan Bagnaia secara ksatria langsung berdiri dan mendekati Martin memberi gestur permintaan maaf.

Martin tampak sangat kecewa dengan insiden itu, setelah dia juga gagal mempertahankan posisi terdepan saat start dilakukan.

Tim Ducati Lenovo pulang dengan tangan hampa karena sebelum insiden itu Jack Miller juga terhenti akibat kendala mesin di putaran ketujuh.

Untungnya, pembalap satelit Ducati dari tim satelit satu lagi, Gresini Racing, mampu menjuarai Grand Prix Qatar. Itu merupakan kemenangan pertama bagi Enea Bastianini sepanjang karirnya di MotoGP.

moto gp qatar Ducati Jorge Martin