Jokowi: Bandara Trunojoyo Akan Tingkatkan Ekonomi Pulau Madura

josstoday.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja. (Foto: Ist)

JOSSTODAY.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandar Udara (Bandara) Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Rabu (20/4/2022). Ia yakin kehadiran bandara ini akan semakin meningkatkan konektivitas pulau-pulau kecil dan terpencil yang berada di sekitar Pulau Madura.

“Alhamdulillah Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura telah selesai dibangun dan siap untuk dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di pulau Madura dan pulau-pulau lainnya di sekitar Madura,” kata Jokowi dalam acara peresmian tersebut.

Jokowi mengatakan pembangunan Bandara Trunojoyo sangat penting untuk meningkatkan konektivitas, memudahkan keterhubungan dengan pulau-pulau kecil, dan membuka isolasi pulau-pulau terpencil di sekitar Pulau Madura.

Tidak hanya itu, Bandara Trunojoyo juga akan memangkas waktu tempuh dari pulau-pulau di sekitar pulau Madura. Karena jika menggunakan kapal memerlukan waktu berhari-hari dan sekarang dengan menggunakan pesawat hanya perlu satu jam saja.

“Saya yakin dengan konektivitas yang semakin baik, mobilitas masyarakat akan semakin mudah dan semakin lancar dan titik-titik perekonomian baru akan tumbuh usaha baru, insyaallah akan bermunculan dan kesempatan kerja baru juga akan bertambah,” ujar Jokowi.

Di samping itu, lanjut Jokowi, usaha-usaha yang sekarang sudah ada akan semakin berkembang dan akan semakin maju dengan hadirnya Bandara Trunojoyo.

Karena itu, ia meminta kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, agar penerbangan dari Surabaya ke Sumenep maupun Jakarta ke Sumenep untuk diujicobakan, untuk melihat banyaknya jumlah penumpang menjelang hari raya Idulfitri.

“Saya minta ini karena sudah hampir ini menjelang hari raya Idulfitri ini, saya minta Pak menteri perhubungan agar diusahakan ada penerbangan yang dari Surabaya ke Sumenep maupun dari Jakarta ke Sumenep untuk kita coba apakah penuh atau tidak penuh penumpangnya, menurut saya penuh, insyaallah penuh,” terang Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta Bandara Trunojoyo dimanfaatkan dan dijaga sebaik-baiknya untuk meningkatkan daya saing daerah, menggerakkan perekonomian masyarakat agar membuat masyarakat lebih sejahtera.

Kemudian, Jokowi meresmikan Bandara Trunojoyo dengan memukul gong dan penandatanganan prasasti didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan bandar udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, provinsi Jawa Timur,” ucap Jokowi.

Jokowi Bandara Trunojoyo Madura Kunjungan Kerja Jokowi