Pengamat Nilai Prabowo Capres Paling Siap Maju Pilpres 2024

josstoday.com

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan keterangan pers usai menghadiri undangan silaturahmi dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Kamis 1 Juni 2022.

JOSSTODAY.COM - Pengamat politik Arif Nurul Imam menilai Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merupakan capres yang paling siap berlaga di Pilpres 2024. Hal ini disampaikan menanggapi pernyataan Prabowo yang menyebut tidak harus dirinya yang maju sebagai capres.

"Pernyataan Ketua Umum Gerindra sungguh menarik karena dia saya kira merupakan bakal capres yang paling siap berkontestasi dalam Pilpres. Prabowo memiliki modal lengkap yakni sebagai Ketua Umum partai dan memiliki elektabilitas tinggi," kata Arif kepada wartawan, Kamis (2/6/2022).

Menurut Arif dibandingkan Ganjar Pranowo atau Anies Baswedan sejatinya Prabowo jauh lebih siap maju dalam Pilpres 2024. Hal ini mengingat Prabowo sudah pasti akan diusung Partai Gerindra. Sementara, Ganjar dan Anies yang juga memiliki elektabilitas tinggi belum jelas parpol yang mengusung mereka.

"Jadi kalau dibandingkan Anies atau Ganjar sejatinya Prabowo bakal capres yang paling siap maju dalam Pilpres, " ujarnya.

Dikatakan Arif, meski Prabowo menyatakan belum tentu maju, hal itu bersifat dinamis melihat dinamika politik selanjutnya.

"Kalau saya melihat Prabowo tetap akan maju dalam Pilpres karena selain telah diputuskan dalam rakernas Gerindra juga telah melakukan safari politik ke tokoh-tokoh," katanya.

Sebelumnya, Prabowo mengatakan tidak harus dirinya yang maju sebagai capres di Pilpres 2024. Hal itu dikatakan Prabowo usai bertemu Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh di Kantor DPP Nasdem, Nasdem Tower, Menteng, Jakarta, Rabu (1/6/2022).

"Ya enggak harus Prabowo, ya kan. Siapa saja," ujar Prabowo.

Menurut Prabowo, siapa saja yang mampu dan memenuhi syarat, layak menjadi capres. Prabowo menilai capres mendatang adalah orang yang sehat jasmani dan rohani. Selain itu, kata Prabowo, capres juga harus mampu secara intelektual, fisik dan memiliki kemampuan ekonomi.

"Kewajiban setiap warga negara yang mampu fisik, intelek, jasmani dan kondisi ekonomi dirinya dan keluarganya wajib untuk menawarkan diri kepada negara dan bangsa. Jadi wajib," tegas Prabowo.

Untuk itu, Prabowo mengajak anak-anak muda mengabdikan diri kepada bangsa dan negara, termasuk dengan menjadi calon presiden atau calon wakil presiden mendatang.

"Kita ingin anak-anak mudanya tadi itu harus berani menawarkan diri untuk mengabdi kepada bangsa dan negara," kata Prabowo.

Prabowo Prabowo Subianto Pilpres Capres Gerindra