Susi Pudjiastuti Harap Masyarakat Ikut Jaga Laut Indonesia

josstoday.com

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (kanan) saat berdiskusi dengan salah satu pedagang di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair), Jl. Dharmawangsa, Surabaya, Jumat (11/8/2017). (josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Laut yang luas di Indonesia dengan sumber daya alam yang besar sudah sepantasnya untuk dijaga agar menjadi harapan bangsa di masa depan. 

Hal itulah menjadi permintaan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, saat memberi orasi ilmiah di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair), Jl. Dharmawangsa, Surabaya, Jumat (11/8/2017).

Menteri yang kerap disapa Susi itu mengatakan selain menjadi lokasi melimpahnya sumber daya alam, laut menjadi salah satu lokasi strategis untuk melakukan hal-hal negatif. 

"Laut kita adalah tanggung jawab bapak-bapak, ibu-ibu, dan adik-adik sekalian. Di laut itu bisa terjadi ilegal fishing ada drugs, human traficcking, dan penyelundupan barang yang membuat industri kita tidak kompetitif," ujarnya.

Susi menambahkan, berdasar data yang ia terima, Indonesia telah mengalami kerugian besar dari kebebasan yang ada di laut. "Uang kita hilang 15 trilliun seminggu untuk membeli barang haram itu," imbuhnya.

Selain itu, ia juga meminta agar masyarakat bisa menjaga lautan dari limbah serta pencurian ikan. Sebab, pemerintah sedang bekerja keras untuk bisa menjadikan laut Indonesia sebagai poros maritim dunia. (ais)

Unair Orasi Ilmiah Susi Pudjiastuti