Ratusan Lagu K-Pop Hilang dari Spotify

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Ratusan lagu pop asal Negeri Gingseng Korea Selatan (K-Pop) menghilang dari Spotify seluruh dunia saat platform streaming itu masih berusaha mencapai kesepakatan dengan distributor KakaoM. Lagu-lagu yang didistribusikan label Korea itu tidak lagi bisa didengarkan di Spotify seluruh dunia, seperti grup IU, Chery Bullet, GFriend, Mamamoo, CL, dan Nu'est.

KakaoM mendistribusikan banyak lagu populer Korea, di mana 37,5% lagunya masuk ke dalam tangga lagu tahunan top 400 pada 2020 dari Gaon Music Chart. Dalam pernyataan kepada NME, Senin (1/3/2021), Juru Bicara Spotify mengonfirmasi katalog lagu dari KakaoM tidak akan lagi tersedia untuk pengguna di dunia mulai 1 Maret 2021 karena lisensinya sudah kedaluarsa.

"Kami sudah bekerja sama dengan KakaoM selama 1,5 tahun untuk memperbarui kesepakatan lisensi global, agar musik-musik dari artis mereka tetap tersedia untuk pendengar Spotify di hampir 170 pasar di dunia. Meski sudah berusaha keras, perjanjian lisensi kami dengan KakaoM (yang mencakup seluruh negara selain Korea Selatan) telah berakhir," ujarnya seperti dikutip Antara.

Juru Bicara Spotify juga mengatakan, fakta bahwa mereka belum sepakat atas perjanjian global baru sungguh disayangkan untuk para artis, penggemar, dan pendengar di dunia. "Kami berharap gangguan ini hanya sementara dan kami bisa menyelesaikan secepatnya. Kami tetap berkomitmen untuk bekerja dengan pemegang hak lokal, termasuk KakaoM, untuk membantu menumbuhkan pasar musik Korea dan ekosistem streaming secara keseluruhan," ujarnya.

Perusahaan induk KakaoM juga memiliki dan mengoperasikan layanan streaming MelOn, salah satu platform musik digital terbesar di Korea Selatan. Dalam cuitan di Twitter, Tablo dari grup Epik High menulis, hilangnya musik-musik K-Pop merupakan buntut perselisihan pendapat antara perusahaan Korea dan Spotify.

"Tampaknya, perselisihan antara distributor kami KakaoM dan Spotify telah membuat album baru kami, Epik High Is Here, tidak tersedia secara global di luar keinginan kami. Terlepas siapa yang salah, mengapa artis dan penggemar yang menderita ketika bisnis mengedepankan keserakahan di atas seni?" ujar Tablo.

Ketika Spotify dirilis di Korea Selatan, Juru Bicara KakaoM kepada Korea Herald mengatakan, mereka masih berdiskusi dengan Spotify mengenai distribusi lagu lewat platform tersebut. Di sisi lain, artis-artis yang berada di bawah label SM, YG, JYP, dan BigHit Entertainment tidak terpengaruh. (gus/b1)

Spotify Lagu K-POp Lagu Korea