Spanyol Evakuasi 160 Warga Afghanistan lewat Pakistan

josstoday.com

Menteri Pertahanan Spanyol Margarita Robles (kiri) menyambut para pengungsi dari Afghanistan yang turun dari penerbangan evakuasi, di pangkalan udara Torrejon de Ardoz, sekitar 30 km dari Madrid, pada Selasa 12 Oktober 2021. (Foto: AFP/Kementerian Pertahanan Spanyol)

JOSSTODAY.COM - Kementerian Pertahanan Spanyol telah menyelesaikan evakuasi 160 warga Afghanistan lainnya yang awalnya ditinggalkan setelah pengambilalihan Afghanistan oleh Taliban.

Seperti dilaporkan AP, Rabu (13/10/2021), kelompok pencari suaka baru itu bergabung dengan 83 orang yang diterbangkan Spanyol ke pangkalan udara dekat Madrid pada Senin.

Kementerian pertahanan menyatakan bahwa misi tersebut dapat mengekstraksi pekerja dan keluarga Afghanistan melalui Pakistan sebelum mereka diterbangkan ke Spanyol.

Spanyol meluncurkan misi untuk mengevakuasi pekerja yang tidak dapat meninggalkan Afghanistan selama operasi pengangkutan udara pada Agustus ketika menarik sekitar 2.200 orang Spanyol dan Afghanistan melalui bandara Kabul.

Menteri Luar Negeri Spanyol José Albares mengunjungi Pakistan dan Qatar bulan lalu untuk meminta bantuan dalam mengekstraksi lebih banyak pekerja Afghanistan. (fa/b1)

Spanyol Evakuasi Taliban Afghanistan