Dorce Gamalama Dimakamkan sebagai Laki-laki

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Jenazah almarhum Dorce Gamalama akan disalatkan dan dimakamkan dengan tata cara sebagai seorang laki-laki sesuai kodratnya saat dilahirkan. Jenazah almarhum disalatkan di Masjid Al Hayyu, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (16/2/2022) sore. Almarhum akan dimakamkan di TPU Bantarjati, Jakarta Timur, sesuai protokol Covid-19.

Hal itu diungkapkan ustaz Anan Muhajir, pengurus Masjid Al-Hayyu, selaku perwakilan keluarga almarhum Dorce kepada media di Jakarta.

"Berdasarkan hasil musyawarah dengan seluruh pihak, termasuk keluarga, almarhum akan kita salatkan dan dimakamkan dengan cara laki-laki. Hasil musyawarahnya seperti itu dan almarhum akan disalatkan di sini (Masjid Al Hayyu, Red) sebelum nantinya dimakamkan," ungkap Anan.

Meski jenazah Dorce Gamalama tidak akan turun dari mobil jenazah, tetap akan dimampirkan ke Masjid Al Hayyu dan disalatkan, lantaran Dorce punya jasa besar membangun masjid yang berada di dekat rumahnya.

"Tentang prosesi pemakaman Dorce, rencananya akan disalatkan dahulu di masjid wakaf Bunda Dorce, Al Hayyu. Jadi kita kasih penghormatan kepada beliau, meski nantinya beliau tidak diturunkan dari dalam mobil jenazah," katanya.

Terkait keinginan Dorce Gamalama untuk dimakamkan sebagai wanita, ustaz Anan menyatakan sebagai manusia Dorce berhak punya keinginan, tetapi saat meninggal dan dikebumikan harus sesuai dengan kodratnya saat ddilahirkan.

"Tetap nanti kita akan makamkan secara laki-laki. Yang ngurusin kan kita semua. Kita semua tahu beliau dilahirkan seperti apa, ya kita kembalikan lagi ke asal, yang penting kita lihat keimanan dia ke Allah, saya enggak lihat yang lain-lain dahulu dan ahamdulillah keluarga ikhlas," terangnya.

Dorce Gamalama Dorce Gamalama Meninggal Covid-19