Airlangga: KIB Punya Tiket Usung Capres-Cawapres di Pilpres

josstoday.com

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Nelly Murni, Slipi, Jakarta Barat, Rabu, 18 Mei 2022.

JOSSTODAY.COM - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk Partai Golkar, PAN, dan PPP sudah mempunyai tiket untuk mengusung capres-cawapres di Pilpres 2024. Menurut Airlangga, jumlah kursi dari KIB sudah memenuhi ketentuan presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden.

"Partai Golkar, PAN dan PPP sudah memenuhi persyaratan untuk mengajukan calon di dalam Pilpres," ujar Airlangga di acara silaturahmi akbar Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Nelly Murni, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (18/5/2022) malam.

Ketentuan presidential threshold diatur dalam Pasal 222 UU 7/2017 tentang Pemilu yang menyatakan, hanya parpol atau gabungan parpol yang memiliki minimal 20% kursi di DPR atau 25% suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya yang dapat mengajukan capres/cawapres. Sementara Golkar saat ini sudah memiliki 85 kursi di parlemen, PAN 44 kursi dan PPP 19 kursi sehingga kalau ditotalkan menjadi 148 kursi atau 25,7% dari jumlah kursi di DPR.

Airlangga juga menegaskan, kualitas partai KIB ini tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, Golkar, PAN, dan PPP merupakan partai yang berpengalaman dan telah sama-sama melewati krisis mulai dari krisis tahun 1998, tahun 2008 dan pandemi Covid-19 saat ini. Selain itu, tutur dia, ketiga partai ini memiliki kesamaan.

"Sama-sama mempunyai pengalaman di pemerintahan, sama-sama punya pengalaman di DPR, sama-sama mempunyai pengalaman di MPR dan tentunya pengalaman dalam mengisi pembangunan ini," kata dia.

Selain mempunyai kesamaan, lanjut Airlangga, ketiga partai KIB saling melengkapi karena ada unsur nasionalis yang diwakili Golkar, unsur Islam tradisional yang diwakili PPP dan Islam modern yang diwakili PAN. Dengan berbagai kelebihan tersebut, Airlangga menginstruksikan jajarannya agar mengimplementasikan kerja sama KIB mulai dari tingkat nasional hingga desa.

"Pada kesempatan ini saya juga memberikan instruksi dan arahan kepada seluruh jajaran Partai Golkar untuk mengimplementasikan kerja sama tiga partai ini mulai dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten, kota, kecamatan dan desa-desa sehingga kita akan punya sebuah tim ataupun engine pemenangan yang kuat," kata Airlangga.

Capres KIB Airlangga Hartarto Golkar