Rp266 Miliar Disimpan di Bawah Kasur

josstoday.com

Uang US$20 juta yang berhasil ditemukan agen federal AS dari bawah kasur.(Twitter/@DMAnews1)

JOSSTODAY.COM - Agen federal Amerika Serikat (AS) menemukan uang tunai senilai US$20 juta atau sekitar Rp266 miliar yang disembunyikan di bawah kasur. Temuan terjadi saat petugas mengejar pria Brasil yang menjadi tersangka kasus penipuan besar-besaran. Demikian menurut keterangan yang dilansir CNN, Rabu (25/1/2017).

Tersangka bernama Cleber Rene Rizerio Rocha, diketahui terbang dari Brasil ke AS sejak beberapa hari lalu. Dia hendak menemui seseorang saksi yang bekerja sama dengan otoritas AS, dalam penyelidikan kasus penipuan. Adapun modus penipuan melibatkan skema piramida, yakni dengan mengiming-imingi penanaman modal dengan pengembalian bunga yang menarik.

Kantor jaksa AS melaporkan, Rocha bertemu dengan saksi di sebuah restoran di Hudson, Massachusetts. Di sana, saksi menyerahkan koper berisi uang tunai senilai US$2,2 juta atau Rp29 miliar. Agen federal AS lantas membuntuti Rocha hingga ke sebuah kompleks apartemen di Westborough, Massachusetts.

Di kompleks apartemen itu, Rocha akhirnya ditangkap oleh agen federal AS. Kemudian agen federal AS menggeledah apartemen yang ditinggali Rocha. Para agen menemukan uang tunai dalam jumlah besar yang disembunyikan di bagian bawah kasur jenis spring bed.

Menurut kantor jaksa AS, uang tunai yang ditemukan sebanyak US$20 juta. Namun tidak diketahui pasti apakah uang US$2,2 juta yang ada di dalam koper juga termasuk dari jumlah itu. Rocha dijerat dakwaan bersekongkol untuk melakukan tindak pidana pencurian uang. Dia terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara jika dinyatakan bersalah oleh pengadilan.

Otoritas federal AS menyebutkan, Rocha bertindak sebagai kurir untuk Carlos Wanzeler, salah satu pendiri perusahaan layanan telepon internet, TelexFree Inc, yang berbasis di Masschusetts. Secara diam-diam, TelexFree melakukan praktik penipuan skema paramida yang menargetkan banyak orang dan berhasil meraup US$1 miliar atau Rp 13,3 triliun.

Wanzeler kabur dari Brasil pada April 2014. Beberapa bulan kemudian, dia diadili atas dakwaan yang sama bersama co-founder TelexFree, James Merrill. Rocha berada di AS untuk mengamankan uang tunai hasil penipuan TelexFree yang disembunyikan.(far)

Uang di Bawah Kasur Agen Federal AS Penipuan Skema Piramida TelexFree Inc