RSUA Buka Airlangga Aesthetic Center

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi meresmikan pembukaan gedung Airlangga Aesthetic Center di RS Universitas Airlangga, Jl. Mulyorejo, Surabaya, Rabu (12/12/2018).

Peresmian sendiri dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Sarana dan Prasarana, Ir Sofwan Effendy. Tak hanya ia sendiri, hadir pula istri Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih, Arumi Bachsin.

Di gedung baru ini, terdapat empat pelayanan unggulan yakni Plastik Surgery and Aesthetic by Stem Cell, Aesthetic Dermatologi, Aesthetic Dental Care, dan Varises Clinic.

Direktur RSUA, Prof Nasronudin menjelaskan, jika dibukanya AAC ini merupakan salah satu inovasi peningkatan pelayanan kesehatan.

"Ini jawaban UNAIR sebagai Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri atas kebutuhan nasional maupun global. Daripada berobat ke luar negeri kan bisa dialihkan berobatnya di AAC. Gak perlu jauh-jauh menghabiskan biaya besar, di sini jelas lebih murah dan lebih dekat. Lagi pula kemampuan kami tidak kalah dengan yang ada di luar negeri," jelasnya.

Selain itu, lanjut Nasronudin, jika adanya gedung AAC ini merupakan sarana riset untuk pengembangan pendidikan di bidang kedokteran. Di mana, AAC ini juga mengandalkan stem cell yang merupakan inovasi kesehatan andalan UNAIR.

Namun, ia menjelaskan jika seluru kegiatan yang dilakukan tidak akan menyalahi akidah yang ada. Di mana, perawatan atau pelayanan yang dilakukan tidak akan mengubah fungsi aslinya.

Ia mencontohkan, jika dari hasil inovasi dapat melakukan rekonstruksi wajah. Misalnya, dapat membuat bola mata atau gigi yang rusak akibat kecelakaan, serta mungkin cacat telinga dapat diperbaiki menjadi normal.

"Kami bisa merekonstruksi seperti yang dimiliki oleh rumah sakit bedah plastik di luar negeri. Tapi yang pasti tidak merubah fungsi aslinya," jelasnya. (ais)

UNAIR RSUA Kemenristekdikti