Sandi Cek Proses Perhitungan Suara Tingkat PPK di Surabaya

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Calon wakil presiden Republik Indonesia nomor urut 02, Sandiaga Salahudin Uno, mngunjungi lokasi perhitungan suara tingkat kecamatan di GOR Pancasila, Wonokromo, Surabaya, Sabtu (27/4/2019).

Dalam kunjungannya, Sandi yang didampingi oleh Ketua Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandi Jawa Timur, Soepriyatno, melihat proses perhitungan suara. Namun, sayang rombongan Sandi tak dapat melihat proses perhitungan karena sedang istirahat, setelah ada salah satu panitia yang sakit.

Meski begitu, Sandi berkesempatan untuk berbincang dengan Ketua PPK Wonokromo, Samsul Arifin, dan beberapa relawan yang ada.

"Saya ingin memastikan proses di sini jurdil (jujur dan adil). Pak Pri (sapaan akrab Soepriyatno) mengingatkan banyak tempat kemarin yang form A5 dan C7 gak ada. Ini yang banyak menimbulkan pertanyaan, apakah proses ini sudah jujur adil dan bermartabat," kata Sandi.

Sementara itu, Soepriyatno menambahkan, terjadi banyak kecurangan yang terjadi di Jawa Timur. Yakni adanya intmidasi kepada pemilih Prabowo-Sandi.

"Sebelum Pemilu banyak intimidasi. Saya bertemu lurah, saya bertemu camat mereka diintimidasi luarbiasa. Yang intimidasi siapa? Kita sudah tau dari awal bahwa pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, pemerintah kota jadi tim sukses. Akhirnya melibatkan camat, inspektorat, dan kepala desa diintimidasi. Utamanya yang dukung 02 diintimidasi dan diperiksa. Banyak sekali kejadian seperti ini yang buat semuanya mengalami ketakutan," ungkap Pri.

Selain itu, ia melihat hingga saat ini ada indikasi kecurangan lain dimana rekomendasi Badan Pengawas Pemilua (BAWASLU) Kota Surabaya mendapat intimidasi. Sehingga, surat rekomendasi terjadi perubahan.

"Permasalahannya kemarin rekom BAWASLU sudah jelas ada 8.146 yang harus dilakukan penghitungan ulang. Tapi, karena intimidasi luar biasa surat rekomendsi itu berubah. Ini kami masih menanyakan pada BAWASLU kenapa bisa terjadi seperti itu," ujarnya.

Karena itu, BPP Jatim telah membuka posko aduan untuk menampung segala aduan yang berkaitan dengan Pemilu. (ais)

Pilpres 2019 Sandiaga Salahudin Uno Sandi Penghitungan Suara