Didi Kempot Meninggal Dunia

josstoday.com

Didi Kempot

JOSSTODAY.COM - Kabar duka melanda dunia musik Indonesia. Penyanyi dan pencipta lagu campursari, Didi Kempot (53) meninggal dunia, Selasa (5/5/2020) pukul 07.30 WIB.

Berdasarkan keterangan yang diterima redaksi, saat ini jenazahnya disemayamkan di Rumah Sakit Kasih Ibu, Surakarta, Jawa Tengah.

Almarhum meninggal diduga akibat serangan jantung.

Publik mengenal penyanyi kelahiran 31 Desember 1966 itu sebagai penyanyi dan pengarang lagu-lagu Jawa campursari. Dikutip dari Wikipedia, Didi Kempot memulai karirnya sebagai musisi jalanan di kota Surakarta sejak 1984 hingga 1986. Dia kemudian mengadu nasib ke Jakarta pada 1987 hingga 1989.

Nama panggung Didi Kempot merupakan singkatan dari Kelompok Pengamen Trotoar, grup musik asal Surakarta yang membawa ia hijrah ke Jakarta. Hampir sebagian lagu yang ditulisnya bertemakan patah hati dan kehilangan.

Almarhum pernah mengungkapkan alasannya sengaja memilih tema tersebut, karena rata-rata orang pernah mengalaminya dan ingin dekat dengan masyarakat. Tema-tema lagu patah hati itu pula yang membuat adik dari adik pelawak Mamiek Prakoso itu dijuluki "The Godfather of Broken Heart".

Salah satu lagunya yang terkenal adalah "Pamer Bojo". Saat pandemi Covid-19, Didi mengeluarkan lagu baru berjudul "Ojo Mudik" yang mengajak masyarakat untuk melawan virus corona. (gus/b1)

Didi Kempot Penyanyi campursari